Manokwari (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manokwari mengharapkan produk seni seperti lukisan bisa dihasilkan dan memiliki nilai tinggi untuk menunjang perekonomian masyarakat.
 
Asisten I Setda Manokwari Wanto menyatakan seni dapat ditekuni masyarakat dengan serius dan bernilai tinggi saat dipamerkan dalam kegiatan-kegiatan ekonomi yang diadakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
 
"Pemkab Manokwari berharap seni lukis maupun seni lainnya bisa dikembangkan lebih serius karena dapat bermuara pada peningkatan perekonomian masyarakat," ujar dia.
 
Wanto yang membuka lomba melukis dengan media berupa dinding tembok dalam Kegiatan Pemberdayaan dan Pengembangan Kepemudaan, Organisasi Kepemudaan Tingkat Kabupaten Manokwari, di Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Manokwari juga menekankan agar produk lukisan dapat menanamkan nilai moral yang mampu ditangkap oleh orang yang melihatnya.
 
Ia juga berpesan agar peserta lomba lukis tidak hanya giat melukis karena lomba tetapi nanti dapat mengasah lebih jauh keterampilan melukis agar berkembang dan berdaya saing.
 
"Karena belum tentu yang juara hari ini ke depan bisa baik. Bisa saja yang tidak juara malah nantinya menghasilkan lukisan yang bagus dan diminati masyarakat luas," ungkap dia.
 
Wanto juga menyatakan lukisan dinding tembok di daerah di luar Manokwari banyak yang dihargai karena memiliki nilai yang bagus. Masyarakat disebutnya akan tertarik selama lukisan menawarkan ide, gagasan, serta menginsipirasi orang yang melihatnya.
 
Lomba melukis yang diadakan Disparpora Manokwari itu diikuti 15 peserta laki-laki dan 2 peserta perempuan dari Karang Taruna yang ada di Manokwari.

Pewarta: Rachmat Julaini
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2022