Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua mengupayakan masyarakat dan pelaku usaha perikanan warga asli orang Papua untuk melakukan budidaya air tawar ikan bandeng guna memenuhi kebutuhan konsumen di pasaran.

"Kebutuhan ikan bandeng saat ini sangat dibutuhkan investor perikanan karena bisa digunakan sebagai umpan untuk menangkap ikan tuna,"ujar Bupati Biak Herry Ario Naap di Biak, Minggu.

Ia mengakui, budidaya ikan bandeng saat ini sedang dikembangkan pemerintah daerah melalui dinas perikanan untuk mengajak warga lokal Biak memanfaatkan keramba ikan.

Bupati Herry mengajak pelaku usaha perikanan putra daerah asli Papua dapat menangkap peluang budidaya ikan bandeng di berbagai kampung.

"Hasil keramba ikan bandeng jika bisa berhasil akan mendatangkan pendapatan untuk kesejahteraan keluarga masyarakat di berbagai kampung," katanya.

Bupati Biak Herry mengakui, belum lama sudah ada pelaku usaha putra daerah di Kampung Sawadori distrik Oridek melakukan panen raya ikan air payau jenis bandeng (Chanos canos).

Jenis budidaya ikan bandeng di Kampung Sawadori Distrik telah dipanen sebanyak 1.068 ekor Bandeng.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2022