Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berupaya meningkatkan produksi budidaya ikan bandeng, salah satunya melalui model klaster di Cirebon, Jawa Barat.

“Salah satu lokasi percontohan model klaster dilakukan di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat,” ujar Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Boyun Handoyo dalam keterangan resminya, Rabu.

Terpilihnya Cirebon, lanjut Boyun, dikarenakan memiliki potensi budidaya air payau di wilayah ini sangat menjanjikan dengan memiliki panjang pantai yang cukup luas termasuk tambak yang ada.

Ia menjelaskan bahwa intervensi model klaster tambak budidaya bandeng yang diberikan berupa sarana dan prasarana produksi, benih dan pakan ikan bandeng, bantuan ini diserahkan langsung oleh Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Situbondo sebagai salah satu unit pelaksana teknis DJPB KKP.

Boyun berharap dengan bantuan in, maka mampu menjadi pendorong bagi pembudidaya ikan bandeng di Cirebon, sehingga kedepannya dapat meningkatkan produktivitas.

Lebih lanjut Boyun mengatakan, pihaknya juga telah memberi bantuan berupa bimbingan teknis budidaya bandeng yang baik berdasarkan kaidah kaidah Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB), selain itu benih yang diberikan tersebut merupakan benih unggul hasil pembenihan dengan mengikuti prosedur Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB).

KKP turut mendukung pengembangan budidaya dengan pakan alami untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan benih ikan bandeng bisa tumbuh dengan bagus.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP, Tb Haeru Rahayu mengatakan intervensi KKP melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya untuk budidaya ikan bandeng yaitu meliputi penguatan input produksi seperti dukungan benih dan pakan, dukungan peningkatan kapasitas sarana dan prasarana.

Selain itu, bentuk dukungan lainnya adalah pengelolaan kesehatan ikan dan lingkungan agar dapat berkelanjutan.

“Berbekal intervensi tersebut dan peningkatan teknologi, kami menargetkan untuk dapat meningkatkan produktivitas tambak serta berharap ke depan Kabupaten Cirebon menjadi salah satu sentra budidaya ikan bandeng,” paparnya.

Baca juga: TPUKP KKP sebut ikan bandeng Aceh tembus pasar internasional

Baca juga: KKP ingin Pemkab Gresik jaga lahan tambak bandeng dari alih fungsi


Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023