Kalau untuk tingkat provinsi MAN IC meraih peringkat 1 sekolah/madrasah terbaik se-Provinsi Bangka Belitung Tahun 2022
Koba, Babel (ANTARA) - Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, masuk daftar top 1.000 sekolah terbaik secara nasional.

Kepala MAN IC Bangka Tengah, Musran di Namang, Ahad (28/8) mengatakan, MAN IC menempati peringkat 236 dari top 1.000 sekolah terbaik se-Indonesia berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Tahun 2022 yang dirilis Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

"Kalau untuk tingkat provinsi MAN IC meraih peringkat 1 sekolah/madrasah terbaik se-Provinsi Bangka Belitung Tahun 2022," katanya.

Ia menyatakan prestasi tersebut bukan yang pertama karena pada 2020, MAN IC Bangka Tengah juga meraih peringkat 1 sekolah/madrasah terbaik se-Provinsi Bangka Belitung.

"Pencapaian menjadi yang terbaik di Provinsi Bangka Belitung adalah sejarah yang berulang dan ini berkat perjuangan para siswa dan para guru yang telah memberi bimbingan kepada mereka,” katanya.

Ia berharap prestasi yang sudah diraih tersebut menjadi pemantik semangat untuk terus mempertahankannya dan MAN Insan Cendekia Bangka Tengah memang telah memiliki program khusus untuk menyukseskan UTBK.

"Untuk mengantarkan siswa pada kesuksesaan saat tes penerimaan di perguruan tinggi, kita sudah menyusun program dengan apik sejak siswa duduk di kelas X," katanya.

Program tersebut dimulai dari tes minat dan bakat, seminar karier, hingga menggandeng pemangku kepentingan untuk memberikan pembimbingan khusus terkait soal UTBK.

"Kita terus mengarahkan siswa untuk memilih karier yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka," demikian Musran.


Baca juga: MAN Insan Cendekia Serpong jadi sekolah terbaik versi LTMPT 2022

Baca juga: Komisi VIII DPR Tinjau MAN IC Palu

Baca juga: Kemenag resmikan Madrasah Insan Cendekia Batam

Baca juga: Kemenag target Madrasah Insan Cendekia di seluruh provinsi pada 2019

Pewarta: Ahmadi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022