Tokyo/Washington (ANTARA) - Honda Motor Co Jepang akan membangun pabrik baterai lithium-ion baru senilai 4,4 miliar dolar AS untuk kendaraan listrik di Amerika Serikat bersama pemasok baterai Korea, LG Energy Solution Ltd, kata kedua perusahaan itu pada Senin (29/8/2022).

Pembuat baterai ingin meningkatkan produksi di AS di mana pergeseran ke arah kendaraan listrik (EV) dapat meningkat karena negara tersebut menerapkan peraturan yang lebih keras dan memperketat kelayakan kredit pajak.

Lokasi pabrik belum final, kata perusahaan, tetapi dua orang yang diberi pengarahan tentang masalah tersebut mengkonfirmasi laporan bahwa Honda secara serius mempertimbangkan Ohio, di mana pabrik utama AS Honda berada.

Perusahaan menargetkan kapasitas produksi tahunan sekitar 40 GWh dengan baterai yang dipasok secara eksklusif ke fasilitas Honda di Amerika Utara untuk memberi baterai listrik pada model-model EV Honda dan Acura.

Pasangan ini diharapkan untuk mendirikan usaha patungan sebelum membangun pabrik, dengan dimulainya konstruksi direncanakan pada awal 2023 dan produksi massal pada akhir 2025.

Gubernur Ohio Mike DeWine mengatakan pemerintahannya bekerja dengan Honda dan LG "untuk memastikan bahwa mereka memilih Ohio untuk pabrik baterai listrik baru ini." Sumber yang diberi pengarahan tentang masalah itu mengatakan pengumuman tentang lokasi bisa datang dalam beberapa minggu.

Pemerintah AS telah mendorong kebijakan yang dirancang untuk membawa lebih banyak baterai dan manufaktur EV ke negara itu.

Baca juga: Honda akan pangkas rencana produksihingga 40 persen di Jepang

Presiden Joe Biden menandatangani rancangan undang-undang iklim, perawatan kesehatan dan pajak senilai 430 miliar dolar AS bulan ini yang akan membuat kendaraan listrik yang dirakit di luar Amerika Utara tidak memenuhi syarat untuk kredit pajak.

Wakil Penasihat Iklim Nasional Gedung Putih Ali Zaidi memuji "investasi besar" Honda LG yang katanya dikatalisasi oleh undang-undang iklim dan infrastruktur.

Menteri Energi AS Jennifer Granholm mengatakan pemerintah membawa "kembali manufaktur baterai domestik untuk memberi orang Amerika pekerjaan bergaji baik yang akan menggerakkan revolusi EV."

California mengumumkan rencana minggu lalu yang mengharuskan semua kendaraan baru yang dijual di negara bagian itu pada tahun 2035 menjadi kendaraan hibrida listrik atau plug-in listrik.

Kedua perusahaan mengatakan kombinasi produksi kendaraan listrik lokal yang kuat dan pasokan baterai yang tepat waktu akan menempatkan mereka "dalam posisi terbaik untuk menargetkan pasar EV Amerika Utara yang tumbuh pesat."

LG Energy Solution, yang terutama bergerak dalam pengembangan bahan baterai lithium-ion dan baterai generasi berikutnya, juga memasok baterai EV dan telah menandatangani perjanjian usaha patungan dengan General Motors, Hyundai Motor Co dan Stellantis.

Pada Juli, Panasonic Energy Co, sebuah unit dari konglomerat teknologi Panasonic Holdings Corp dan pemasok utama Tesla Inc, mengatakan telah memilih Kansas sebagai lokasi untuk pabrik baterai baru dengan investasi hingga 4,0 miliar dolar AS.

Awal tahun ini, Honda menetapkan target untuk meluncurkan 30 model EV secara global dan memproduksi sekitar 2 juta EV per tahun pada tahun 2030.

Baca juga: Honda bawa CR-V dan Accord Hybrid ke GIIAS 2022

Baca juga: Honda jual 1.965 mobil selama GIIAS 2022, Brio tetap primadona

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022