Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Besar Asosiasi Bola Tangan Indonesia (PB ABTI) Zulfydar Zaidar Mochtar berharap DKI Jakarta membangun lapangan bola tangan pasir bertaraf internasional di Ancol.

"Fasilitas atau GOR indoor di DKI Jakarta, cukup banyak. Namun, untuk outdoor seperti lapangan bola tangan pasir belum bertaraf internasional," kata Zulfidar disela coaching clinic handball di GOR UNJ Jakarta, Selasa.

"Saya berharap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyediakan lahan dan sekaligus membangun lapangan bola tangan pasir di kawasan Ancol Jakarta Utara," sambung dia.

Harapan tersebut disampaikan Zulfidar karena Jakarta diproyeksikan menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Bola Tangan dan Kejuaraan Bola Tangan Asia 2023.

Menurut dia, Jakarta sebagai barometer olahraga nasional layak menjadi tuan rumah kejuraan Asia.

Baca juga: Zulfydar usung visi bawa bola tangan Indonesia ke pentas dunia

Zulfydar juga menyebut sebagai cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Olimpiade, bola tangan mendapat perhatian khusus dari pengurus ABTI DKI Jakarta.

Semua itu terpantau pada pelatihan yang diikuti 75 guru SMP dan SMA untuk mengetahui teknik dan tata cara permainan bola tangan yang digelar di GOR UNJ oleh Pengprov ABTI DKI Jakarta pada hari ini.

"Saya berterima kasih pada Ketua Umum PB ABTI yang datang langsung membuka kepelatihan dan memberikan bantuan kepada 75 sekolah melalui para guru yang ikut pelatihan," kata Ketua ABTI Pengprov DKI Jakarta Syaiful Bahri.

"Begitu juga saya mendukung harapan Pak Zulfidar kepada Gubernur DKI Jakarta yang menginginkan Kejurnas dan Kejuaraan Asia digelar di kawasan Ancol. Dengan begitu sudah selayaknya ada lapangan bola tangan pasir yang di bangun di DKI Jakarta bertaraf internasional," tambah dia.

Syaiful Bahri juga mengungkapkan selain siap menggelar ajang nasional dan internasional, DKI juga bakal terus melakukan sosialisasi olahraga bola tangan melalui sekolah agar pembinaan atlet berjalan dan muncul bibit potensial yang bisa bersaing di pentas internasional.

Baca juga: PB ABTI bakal gelar sejumlah kompetisi bola tangan di Tanah Air

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022