dapat dimaknai sebagai kesesuaian hasil capaian pembelajaran di suatu sekolah
Jakarta (ANTARA) - Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof Mochamad Ashari mengatakan pemeringkatan sekolah yang dilakukan pihaknya merupakan sesuatu hal yang biasa.

“Pengelompokan untuk mengetahui posisi suatu institusi adalah hal yang biasa. Contohnya ada pengelompokan negara berdasarkan yang paling korup dan ada negara yang paling maju ekonominya,” ujar Ashari di Jakarta, Selasa.

Pemeringkatan yang dilakukan LTMPT tersebut, lanjut dia, sama halnya dengan akreditasi sekolah, yang pada dasarnya sama saja mengelompokkan dalam kriteria tertentu.

Dia menambahkan LTMPT menyampaikan hasil nilai rerata UTBK sekolah ke masyarakat dengan metode yang sudah disampaikan di awal.

“Hasil tersebut dapat dimaknai sebagai kesesuaian hasil capaian pembelajaran di suatu sekolah dengan desain soal yang disusun oleh tim LTMPT,” jelas dia.

Baca juga: LTMPT umumkan peringkat sekolah berdasarkan nilai UTBK
Baca juga: Pemerhati sebut pemeringkatan LTMPT rentan kelompokkan sekolah

Sebelumnya, LTMPT mengumumkan mengenai peringkat sekolah berdasarkan nilai UTBK 2022. Pemeringkatan itu, lanjut dia, bukan untuk memunculkan sekolah favorit, melainkan jawaban bagi masyarakat untuk mengetahui bagaimana posisi SMA/MA sederajat.

Jumlah sekolah asal peserta UTBK sebanyak 23.657 sekolah, sementara jumlah peserta yang mengikuti UTBK 2022 sebanyak 745.115 orang.

Untuk metode penghitungan, dengan menerapkan beberapa kriteria diantaranya sekolah yang mengikuti UTBK 2022 yakni lulusan tahun 2022 lebih dari 40 orang. Kemudian nilai UTBK 2022 dihitung berdasarkan hasil 60 persen tes potensi skolastik dan 40 persen tes kemampuan akademik.

Kemudian TPS sekolah berdasarkan rerata TPS tiap peserta dari sekolah tersebut. TKA berdasarkan rerata TKA (Saintek dan Soshum) tiap peserta dari sekolah tersebut.

Sementara, peserta yang mengikuti Ujian Campuran, nilai TKAnya diambil yang tertinggi. Sekolah yang diurutkan berdasarkan nilai total tertinggi hingga terendah dan diambil 1.000 sekolah nilai total tertinggi.

Baca juga: Calon mahasiswa ITB raih nilai tertinggi bidang Saintek SBMPTN 2022
Baca juga: MAN Insan Cendekia Serpong raih peringkat pertama UTBK 2021
Baca juga: LTMPT umumkan 1.000 sekolah dengan nilai UTBK 2021 terbaik


 

Pewarta: Indriani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022