Makassar (ANTARA) - Tim Monitoring dan Evaluasi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi memberikan apresiasi atas kesiapan fasilitas Universitas Hasanuddin Makassar dalam menyediakan ruang untuk pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2022.

Koordinator Pengawasan Keuangan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Muhtar Mahmud menilai pelaksanaan UTBK di Unhas berlangsung begitu baik dan representatif dalam menyiapkan sarana dan prasarana untuk fasilitas laboratorium komputer.

Baca juga: Kemendikbudristek sebut pengawasan UTBK ketat cegah kecurangan

"Setiap ruangan telah memenuhi kapasitas bagi peserta ujian yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh LTMPT baik teknis maupun non-teknis," kata Muhtar di Makassar, Rabu.

Menurut dia, pengaturan jarak atau posisi antarpeserta ujian sudah disesuaikan dengan aturan atau protokol kesehatan, sehingga para peserta dapat mengerjakan setiap soal dengan aman dan nyaman.

Dosen Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta ini menuturkan, tujuan pelaksanaan monitoring dan evaluasi tersebut untuk meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan harapan penyelenggaraan UTBK dapat berjalan lebih transparan dan akuntabel.

Baca juga: Pelaksanaan UTBK-SBMPTN Unhas 2022 terapkan prokes ketat

“Melalui pelaksanaan UTBK ini, kita berharap mendapat bibit unggul nasional. Seorang calon mahasiswa terbaik yang merupakan generasi bangsa yang akan berkontribusi dalam dunia pendidikan dan perekonomian,” kata Muhtar.

Muhtar berharap selama pelaksanaan UTBK, Unhas bisa mempertahankan kualitas dan performa kinerja dalam proses seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Baca juga: 140 peserta tidak hadir UTBK hari pertama di Unhas

Pihaknya juga berpesan agar para peserta dapat mengikuti setiap aturan yang berlaku selama mengikuti ujian, kepercayaan dan keyakinan diri menjadi semangat optimisme yang harus ditumbuhkan dalam diri peserta untuk mampu mengerjakan setiap soal dengan baik.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022