Makassar (ANTARA) - Sebanyak 140 peserta tidak hadir pada Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam rangka Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2022 di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar pada hari pertama, Selasa.

Pada hari pertama, tercatat 1.970 peserta seharusnya mengikuti ujian, terdiri atas 985 peserta pada sesi pagi dan 985 peserta pada sesi siang. Namun dalam pelaksanaan ujian, sebanyak 84 peserta tidak hadir pada sesi pagi dan 56 peserta tidak hadir pada sesi siang.

Baca juga: Unhas antisipasi kendala jaringan internet saat UTBK-SBMPTN

"Dengan demikian, total sebanyak 140 peserta tidak hadir di Pusat UTBK Unhas pada hari pertama ini," kata Kepala Subdit Humas dan Informasi Publik Direktorat Komunikasi Unhas Ishaq Rahman AMIPR.

Unhas sebagai Pusat UTBK mempersiapkan ujian bagi 24.765 peserta. Ujian akan berlangsung pada dua gelombang, yaitu tanggal 17 hingga 23 Mei 2022 (gelombang 1) dan 28 Mei hingga 3 Juni 2022 (gelombang 2).

Baca juga: Universitas Hasannudin pusatkan pelaksanaan UTBK-SBMPTN di dua lokasi

Sesuai ketentuan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), maka peserta yang tidak mengikuti ujian sesuai jadwal yang telah ditentukan dapat dipastikan gugur dalam SBMPTN, mengingat syarat utama untuk SBMPTN adalah mempunyai nilai UTBK.

Pusat UTBK Unhas menyelenggarakan ujian pada dua area, yaitu Kampus Unhas Tamalanrea dan Kampus Fakultas Teknik (FT) Unhas di Gowa.

Baca juga: LTMPT ingatkan peserta UTBK patuhi protokol kesehatan

Total ruangan yang disiapkan sebanyak 37 ruangan, terdiri atas 29 ruangan pada Kampus Unhas Tamalanrea dan 8 ruangan pada Kampus FT Unhas di Gowa.

Jumlah komputer yang disiapkan oleh Pusat UTBK Unhas sebanyak 985 unit, terdiri atas 780 unit di Kampus Unhas Tamalanrea dan 205 unit di Kampus FT Gowa.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022