Medan (ANTARA) - Sebanyak 1.861 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMM PTN-BARAT) 2023 di Universitas Sumatera Utara (USU), Senin.

UTBK tersebut diikuti oleh 1.861 peserta, yang akan memperebutkan kuota 10 persen dari 40 persen daya tampung jalur SMM yang disediakan oleh USU, atau total daya tampung sebanyak 2.137 kursi. Seleksi akan berlangsung hingga tanggal 5 Juli 2023.

Rektor USU Prof Dr Muryanto Amin, S.Sos, M.Si, meninjau langsung pelaksanaan UTBK SMM PTN Barat 2023 hari pertama di dua lokasi ujian, yakni Gedung Fasilkom dan PSI. Rektor berharap ujian dapat berlangsung dengan baik dan lancar hingga hari terakhir.

"Saya sudah melihat kondisinya, Alhamdulillah berjalan dengan baik dan lancar, tidak ada kendala teknis yang berarti. Insya Allah kondisi ini dapat dipertahankan hingga tanggal 5 Juli nanti," ucapnya.

Muryanto menyebutkan mudah-mudahan semua berjalan sesuai harapan. SMM PTN Barat ini ada 25 perguruan tinggi di wilayah barat yang melaksanakannya secara bersama, sehingga peserta nya bisa memilih dari 25 perguruan tinggi ini sesuai dengan keinginan masing-masing.

Terkait perbaikan tata kelola dan sistem penjaminan mutu yang diterapkan dalam seleksi tahun 2023 ini, bahwa Pedoman Operasional Baku (POB) dan sistem aplikasi penilaiannya sudah sesuai dengan yang disarankan oleh Dirjen Kemendikbud dan KPK.

"Tata kelola perbaikan nya sudah dikonsultasikan. Sistem penerimaannya juga transparan dan sudah diupload ke web penerimaan SMM Barat. Kita semua berharap agar semuanya bisa berjalan dengan lancar, tidak ada halangan, sesuai dengan yang kita inginkan bersama," kata Rektor USU.

Seleksi ini diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang tergabung dalam BKS-PTN Indonesia Wilayah Barat. Sebagai salah satu dari 25 perguruan tinggi BKS PTN Barat, tercatat 1.301 peserta menempatkan USU sebagai pilihan pertama dan 1.309 peserta yang menempatkan USU sebagai pilihan kedua.

USU menyediakan 18 ruangan ujian yang tersebar pada 3 lokasi, yakni di gedung Pusat Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) dan Fakultas Teknik (FT).

Pelaksanaan UTBK diselenggarakan dalam dua sesi terpisah, yakni sesi 1 yang dimulai pada pukul 07.30 WIB dan Sesi 2 yang dimulai pada pukul 13.15 WIB. Adapun materi yang diberikan dalam soal UTBK terdiri atas Tes Skolastik, Tes Literasi Bahasa Indonesia, Literasi Bahasa Inggris dan Penalaran Matematika.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023