Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin (Unhas) masih menyiapkan kuota untuk Jalur Non Subsidi (JNS) yang lebih dikenal dengan jalur mandiri bagi peserta yang belum lolos UTBK SNBT

Hasil Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) telah diumumkan pada 20 Juni 2023.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof. drg Muhammad Ruslin MKes PhD SpM(K) di Makassar, Rabu, mengatakan JNS di Unhas terbagi menjadi dua, yaitu JNS untuk peserta UTBK dan Non UTBK.

“Untuk JNS UTBK diperuntukkan untuk peserta yang belum lolos UTBK SNBP. Adapun penilaiannya mencakup nilai UTBK, tes kepribadian dan wawancara,” kata Prof. Ruslin.

Baca juga: BRIN-FKM Unhas bahas peluang kerja sama penelitian

Baca juga: Mahasiswa Unhas sabet perak ajang ONMIPA Kemendikbudristek di ITB


Di samping itu, kata dia, Unhas juga menyiapkan JNS Non UTBK yang terbuka bagi siapapun, yang tidak ikut UTBK maupun yang ikut UTBK. Penilaian untuk JNS Non UTBK ada tiga, tes potensial akademik, tes kepribadian, dan wawancara.

Selain itu, Unhas juga menyiapkan jalur Prestasi, Olahraga, Seni, dan Keilmuan (POSK), yaitu jalur seleksi mandiri untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik/olahraga/seni/keilmuan. Adapun jadwal pendaftaran untuk jalur POSK pada 21-30 Juni dan diumumkan pada 14 Juli 2023.

Tak hanya itu, Unhas juga masih membuka kesempatan bagi yang ingin berkuliah di kelas internasional Unhas. Pendaftaran untuk jalur ini hingga 22 Juni dan diumumkan pada 7 Juli.

Saat ini Unhas juga masih membuka pendaftaran untuk jalur Vokasi SMK Prestasi sejak 1 April hingga 7 Juli. Hasil seleksi pada jalur ini diumumkan 12 Juli. Terdapat pula jalur Vokasi yang dibuka sejak 1 April hingga 3 Juli dan diumumkan pada 14 Juli.

Untuk memudahkan para pendaftar dalam mengakses informasi, Unhas telah menyiapkan situs resmi seputar PMB 2023 melalui https://regpmb.unhas.ac.id/ yang dapat diakses 24 jam.*

Baca juga: Budaya maritim dikenalkan Unhas pada peserta ICP 22 negara

Baca juga: Unhas peringkat empat nasional pendanaan PKM Kemendikbudristek

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023