Ambon (ANTARA) - Sebanyak 3.619 peserta calon mahasiswa baru mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk masuk ke Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku lewat Jalur Mandiri 2023.

"Peserta ini berasal dari lulusan SMA/SMK se-Maluku dan ada juga yang berasal dari luar Maluku," ujar Rektor Unpatti Prof M. J Saptenno di Ambon, Senin.

Dijelaskannya UTBK Jalur Mandiri untuk masuk ke Unpatti tersebut diselenggarakan pihak kampus pada 3-7 Juli 2023.

"Pelaksanaan seleksi difokuskan pada lokasi Kampus Unpatti Poka Gedung UPT Teknologi dan Informasi, lokasi PSDKU Kabupaten Kepulauan Aru dan lokasi PSDKU Kabupaten Maluku Barat Daya," kata dia menjelaskan.

Jumlah peminat di Unpatti pada 2023 ini tergolong lebih sedikit dibanding 2022 dengan peserta sebanyak 3.271 peserta.

Meski demikian Rektor Saptenno berharap agar semua peserta dapat mengikuti proses ujian dengan baik, teratur dan mengerjakan soal dengan serius dan semoga para peserta berhasil dan dapat menimba ilmu di Kampus Unpatti.

"Kerjakanlah soal dengan serius dan semoga berhasil lolos ke Unpatti," katanya.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Leiwakabessy, mengatakan Jalur Penerimaan Mandiri diharapkan dapat memenuhi kuota yang ditetapkan pada 74 Program studi di Unpatti.

“Semua sistem tes dengan materi yang dikelompokkan telah diatur sesuai dengan mekanisme yang berlaku," tandasnya.

Saat ini Universitas Pattimura Ambon, Maluku sendiri memiliki sebanyak sembilan Fakultas yakni Fisip, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi Bisnis, Fakultas Perikanan, FKIP, Fakultas Kedokteran, Fakultas MIPA.

Baca juga: 2.360 lulusan SMA sederajat ikut seleksi masuk PTN di Unpatti

Baca juga: 20 mahasiswa Unpatti Ambon ikut Olimpiade Nasional MIPA 2023


Baca juga: Unpatti-Pemkab Maluku Tenggara tingkatkan kualitas guru
 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023