Tawon vespa sangat berbahaya, karena jika tersengat berisiko mengalami kematian
Bintan, Kepri (ANTARA) - Sejumlah petugas pemadam kebakaran (damkar) menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap mengevakuasi sarang tawon vespa di permukiman warga Kampung Pisang, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

"Warga melapor ke petugas damkar, tadi pagi," kata Kepala UPT Damkar Kecamatan Bintan Timur, Nurwendi, Rabu.

Sarang tawon tersebut sudah bersarang selama tiga hari terakhir, tepatnya di atas sebatang pohon rambutan yang berada di depan rumah seorang warga bernama Novi.

Setelahnya, regu tim penyelamat UPT Damkar Kecamatan Bintan Timur yang berjumlah sebanyak empat personel langsung turun ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi terhadap sarang tawon vespa dengan berat sekitar satu kilogram tersebut.

Ia menyebut evakuasi dilakukan sekitar pukul 10.00 WIB dengan cara membakar sarang tawon vespa itu. Proses pemusnahannya memakan waktu sekitar 10 menit hingga pukul 10.15 WIB.

Proses evakuasi berjalan aman dan lancar, karena petugas dibekali APD lengkap, sehingga terhindar dari sengatan tawon vespa.

"Setelah dibakar, tawon vespa berhamburan pergi meninggalkan sarangnya," katanya.

Ia menyebut pemusnahan sarang tawon vespa itu guna mengantisipasi kejadian berbahaya bagi penduduk sekitar, apalagi banyak anak kecil bermain di bawah pohon tempat hewan berbisa itu bersarang, sehingga dikhawatirkan terkena sengat tawon jenis ini kalau sarangnya tak segera dibakar.

Baca juga: Peneliti: Sarang tawon vespa pindah rumah warga karena habitat hilang

Baca juga: BPBD Sleman kewalahan penuhi permintaan evakuasi sarang tawon vespa



"Tawon vespa sangat berbahaya, karena jika tersengat berisiko mengalami kematian," katanya.

Ia mengatakan sepanjang tahun 2022, pihaknya sudah tujuh kali mengevakuasi sarang tawon vespa di permukiman warga sekitar. Apalagi belakangan ini sudah memasuki musim hujan, sehingga potensi adanya sarang tawon itu cukup tinggi.

Oleh karenanya, dia mengimbau bagi masyarakat yang menemukan sarang tawon di lingkungan tempat tinggal agar segera melapor ke petugas damkar biar segera ditangani agar jangan sampai mengganggu keselamatan warga.

"Tak hanya tawon, kalau ada ditemukan hewan berbisa lainnya, silakan melapor. Kami selalu siap siaga membantu warga," katanya.

Tawon vespa mempunyai ukuran tubuh sepanjang kurang lebih tiga sentimeter. Warna tawon jenis ini didominasi hitam dan gelang warna kuning atau oranye di bagian perutnya, demikian Nurwendi.

Baca juga: Satpol Trenggalek evakuasi sarang tawon Vespa berukuran besar

Baca juga: Damkar Kediri evakuasi sarang tawon vespa setelah ada warga tersengat

Baca juga: Damkar Jakarta Timur evakuasi sarang tawon di tiga lokasi berbeda

Baca juga: Animal Rescue Garut evakuasi sarang tawon karena bahayakan warga

Pewarta: Ogen
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022