Gunungkidul (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan wilayah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, cocok untuk dikembangkan wisata berbasis olahraga yang dapat mempercepat tumbuhnya peluang usaha.

Sandiaga Uno di Gunungkidul, Kamis, mengatakan jalur olahraga masih sangat asri alami jalan pedesaan, sehingga sensasi benar-benar terasa sangat berbeda dibandingkan berlari di perkotaan.

"Jadi sangat rekomendasikan bisa menjadi pertimbangan dari para wisatawan ke Gunungkidul," kata Sandiaga Uno.

Saat ini, lanjut Sandiaga, wisata berbasis olahraga berkembang di Indonesia. Ia memprediksi wisata berbasis olahraga ini bisa menciptakan peluang usaha dan lapangan pekerjaan 1,1 juta lapangan pekerjaan tahun ini.

Baca juga: Sandiaga ajak swasta ikut kembangkan wisata lokal

Untuk itu, ia menyarankan kepada Pemkab Gunungkidul dan pelaku wisata mulai merambah wisata berbasis olahraga ini. Saat ini, wilayah Gunungkidul dikenal sebagai kombinasi antara gunung laut, dan desa wisata, yang salah satunya bereputasi internasional yakni Desa Nglanggeran.

"Cuaca sangat mendukung dan alamnya sangat indah dan kita tidak akan pernah temukan di destinasi lain," kata Sandiaga.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengapresiasi kedatangan Sandiaga Uno ke Gunungkidul. Harapannya, kedatangan Sandiaga bisa ikut mendongkrak kunjungan wisatawan wilayah ini.

"Kami berharap Kemenpararekraf ikut mempromosikan potensi wisata di Gunungkidul. Kami berharap wisatawan ke Gunungkidul diharapkan meningkat," katanya.

Baca juga: Kemenparekraf targetkan kunjungan wisman hingga 7,4 juta tahun 2023

Baca juga: Kemenparekraf minta tambahan anggaran Rp4,19 triliun untuk 2023

 

Pewarta: Sutarmi
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022