Jakarta (ANTARA) - Penyelenggaraan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah akan dimeriahkan dengan berbagai macam kegiatan sebagai bagian dukungan acara seperti bazar Muktamar Fair dan pameran inovasi dan teknologi.

"Kita memilih De Tjolomadoe ini selain secara geografis sangat dekat dengan UMS hanya sekitar 2,5 km, kita juga mempunyai gambaran besok di De Tjolomadoe ini sebagai salah satu pusat penggembira," ujar Sekretaris Panitia Penerima Muktamar Bambang Sukoco dalam konferensi pers yang diikuti secara daring dari Jakarta, Kamis.

Bazar Muktamar Fair dan pameran inovasi bertajuk Muhammadiyah Innovation and Technology Expo (MITE) akan digelar De Tjolomadoe, Kabupaten Karanganyar, pada 17 hingga 21 November 2022.

Baca juga: Persiapan Muktamar Muhammadiyah capai 75 persen

Ia mengatakan Muktamar Fair ini diproyeksikan akan menjadi ajang bagi industri kreatif warga Muhammadiyah dari berbagai daerah Indonesia. Kehadiran Muktamar Fair diharapkan akan turut menumbuhkan perekonomian warga.

Sementara MITE merupakan ajang pameran bagi perguruan tinggi Muhammadiyah Aisyiyah serta SMA/SMK Muhammadiyah atas inovasi dan kreativitas yang telah dikembangkan.

Pemilihan De Tjolomadoe sebagai lokasi pameran, menurut Bambang, secara filosofis karena pada zamannya menjadi salah satu tempat peradaban ekonomi, sebagai pabrik gula dan pusat industri.

Baca juga: Muhammadiyah akan gelar "Gowes Virtual" songsong muktamar ke-48

"KH Dahlan menghidupkan Muhammadiyah dengan menggandeng kaum saudagar. Memilih De Tjolomadoe ini sangat tepat, bagaimana kemudian kembali menghidupkan De Tjolomadoe sebagai pusat peradaban ekonomi dengan menghadirkan para pedagang, para saudagar," ujarnya.

Sementara itu, Koodinator Bazar dan Ekspo Zainuddin Ahpandi mengatakan muktamar kali ini membawa tiga hal yang baru, selain Muktamar Fair dan MITE juga dihelat Ekspo Virtual.

Baca juga: PP Muhammadiyah gunakan e-voting pada Muktamar Ke-48

"Tiga hal ini semuanya baru di Muktamar ke-48 Muhammadiyah di Solo. Harapan kita bisa terlaksana dengan baik sesuai perencanaan dan mudah-mudahan bisa diteruskan di muktamar selanjutnya," katanya.

Untuk Muktamar Fair dan MITE semua pendaftaran dilakukan secara daring dan nantinya akan disiapkan 609 tenda.

"Nah 500 stand kita siapkan untuk Muktamar Fair kemudian 109 kita siapkan untuk MITE. Mudah-mudahan keduanya banyak peminat," kata Zainuddin.

Selain di De Tjolomadoe, Muktamar Fair juga akan diselenggarakan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMS oleh Aisyiyah, sehingga ada dua ajang Muktamar Fair.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022