Hingga saat ini sudah ada 32 dari total 58 simpang yang sudah dilengkapi dengan ATCS. Sisanya, diharapkan dapat dilengkapi dalam waktu tiga tahun anggaran
Yogyakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menargetkan seluruh simpang jalan yang memiliki lampu lalu lintas akan dilengkapi dengan Area Traffic Control System (ATCS) dalam waktu tiga tahun ini, guna mendukung manajemen lalu lintas di kota tersebut.

“Hingga saat ini sudah ada 32 dari total 58 simpang yang sudah dilengkapi dengan ATCS. Sisanya, diharapkan dapat dilengkapi dalam waktu tiga tahun anggaran,” kata Sekretaris Daerah Pemkot Yogyakarta Aman Yuriadijaya di Yogyakarta, Kamis.

Dengan demikian, Aman berharap seluruh simpang jalan di Kota Yogyakarta sudah dilengkapi dengan ATCS pada akhir 2025. "Kami akan mendorong dari sisi politik anggaran karena ATCS ini sangat dibutuhkan untuk manajemen lalu lintas," katanya.

Menurutnya, kondisi Kota Yogyakarta yang tidak terlalu luas dan 60 persen tata ruang keistimewaan berada di kota tersebut menjadi kendala untuk pengembangan sarana prasarana pendukung lalu lintas.

Oleh karena itu salah satu upaya untuk mengatur lalu lintas yang semakin padat dari waktu ke waktu adalah melalui pemasangan ATCS. “Makanya, ATCS di Kota Yogyakarta akan terus disempurnakan. Seluruh simpang perlu dilengkapi dengan sistem tersebut,” katanya.

Baca juga: Yogyakarta tata parkir di sekitar simpang jalan

Dengan ATCS, lanjutnya, maka pengaturan durasi lampu lalu lintas bisa dilakukan secara langsung melalui ruang kontrol yang berada di Kantor Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta tanpa harus menerjunkan petugas secara langsung ke lapangan.

“Tinggal mengatur dari sistem untuk menambah atau mengurangi durasi lampu hijau atau merah sehingga arus lalu lintas menjadi lebih lancar,” kata Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Golkari Made Yulianto menambahkan.

Sejumlah simpang yang biasanya terjadi antrean cukup panjang diantaranya Titik Nol Kilometer Yogyakarta, simpang Gondomanan, simpang Ngabean, dan simpang Pingit.

Pada tahun ini Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta menambah ATCS di dua simpang yaitu di simpang Pingit dan Bausasran. Pekerjaan ditargetkan selesai pada Oktober sehingga pada akhir 2022 akan ada total 34 simpang dilengkapi dengan ATCS.

Kebutuhan anggaran  pengadaan ATCS cukup besar yaitu mencapai Rp400 juta per simpang. “Tetapi kebutuhan anggaran bisa ditekan, jika tidak semua kelengkapan dipasang. Misalnya fasilitas running text masih bisa ditunda,” katanya.

Baca juga: Yogyakarta akan tambah dua fasilitas ATCS

 

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022