Ada sejumlah masalah yang masih harus diselesaikan dalam beberapa hari ke depan, tetapi perbaikan hari ini mengalami kemajuan
Jackson (ANTARA) - Pemerintah Mississippi, Amerika Serikat, pada Kamis menambah tempat distribusi air minum bagi masyarakat Kota Jackson yang kekurangan air bersih sejak fasilitas pengolahan air di ibu kota negara bagian itu rusak empat hari lalu.

Warga Jackson terus mengantre di tempat-tempat distribusi tersebut dan toko-toko yang menjual kebutuhan pokok.

Pemkot mengatakan proses perbaikan Pengolahan Air OB Curtis, yang sejak Senin malam telah rusak akibat banjir belum lama ini, mencapai "kemajuan signifikan".

"Ada sejumlah masalah yang masih harus diselesaikan dalam beberapa hari ke depan, tetapi perbaikan hari ini mengalami kemajuan," kata Pemkot Jackson dalam pernyataan.

Baca juga: Badai Nate mendarat di Sungai Mississippi

Meski masih terbatas, air sudah kembali mengalir ke sejumlah kawasan.

Gubernur Mississippi Tate Reeves mengatakan 600 anggota Garda Nasional akan dikerahkan untuk membagikan air ke 180.000 warga terdampak di kota itu dan sekitarnya

"Kepada warga kota, saya tahu Anda menghadapi situasi yang sangat tidak adil. Ini membuat frustrasi. Ini salah. Ini harus diperbaiki," kata Reeves dalam jumpa pers.

Krisis air tersebut telah melumpuhkan Jackson. Banyak toko dan restoran ditutup, sedangkan sekolah dan kampus terpaksa menggelar pembelajaran daring.

"Saya bersama enam anak di sini. Saya terus mengingatkan mereka, 'Jangan menggosok gigi dengan air itu, jangan membasuh muka dengan air itu'," kata Denika Samuel di rumahnya.

"Sebagai orang tua, saya akan melakukan apa pun untuk bertahan selama krisis air ini," katanya.

Sejak fasilitas pengolahan air gagal beroperasi pada Senin, petugas lokal dan negara bagian telah berusaha untuk memasang pompa sementara dan memperbaiki peralatan.

Pemkot mengatakan pada Kamis lebih dari setengah jumlah tangki pada sistem permukaan telah terisi kembali dan tekanan air pada sistem itu terus meningkat ketika isi tangki bertambah.

Pemerintah Presiden AS Joe Biden menyetujui penetapan status darurat pada Selasa untuk menggelontorkan bantuan pusat. Tim dari Badan Penanggulangan Darurat Federal dan Badan Perlindungan Lingkungan juga telah diperbantukan ke Jackson.

"Kami terus bekerja bersama pejabat lokal dan negara bagian untuk menjajaki, bisa saya katakan, semua opsi untuk memastikan agar warga Jackson mendapatkan… air bersih dan layak minum," kata juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre kepada pers.

Sumber: Reuters

Baca juga: Biden hubungi wali kota Jackson di Mississippi perihal krisis air
Baca juga: Terjangan tornado Mississippi tewaskan enam orang

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022