Bantuan bersumber dari pos biaya tak terduga APBD Kaimana 2022 dan langsung ditransfer ke rekening para korban masing-masing senilai Rp20 juta
Kaimana, Papua Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat menyerahkan bantuan dana sebesar Rp200 juta untuk para korban musibah kebakaran yang terjadi di kawasan Krooy beberapa bulan lalu.

Bupati Kaimana Freddy Thie saat penyerahan bantuan secara simbolis, di Kaimana, Sabtu (3/9) 2022  mengatakan bantuan tersebut bersumber dari pos biaya tak terduga APBD Kaimana 2022 dan langsung ditransfer ke rekening para korban masing-masing senilai Rp20 juta.

"Jangan dilihat dari nilainya, ini bentuk perhatian dari Pemkab Kaimana untuk bapak-ibu yang mengalami musibah. Totalnya ada 10 orang penerima dengan besar bantuan Rp20 juta," katanya.

Orang nomor satu di Pemkab Kaimana itu meminta maaf lantaran penyaluran bantuan untuk korban kebakaran kawasan Krooy baru bisa terealisasi saat ini.

Penyaluran bantuan tersebut setelah BPBD Kaimana melakukan verifikasi dan validasi data penerima.

Bupati menyebut dalam dokumen APBD 2022 tidak tersedia anggaran khusus untuk penanganan musibah.

Meski demikian, Pemkab Kaimana tidak menutup mata dengan musibah yang dialami para korban sehingga mengeluarkan kebijakan untuk mencari dana dari sumber lain untuk membantu para korban.

"Kami berharap bantuan sedikit ini bisa meringankan beban para korban musibah. Syukur-syukur kalau dipakai untuk pengembangan usaha karena itu juga jauh lebih baik supaya kedepan usahanya lebih berhasil," kata Freddy Thie .

Salah satu perwakilan korban, Supadi berterima kasih kepada Pemkab Kaimana atas perhatian yang diberikan.

Ia mengaku uang yang diterima tersebut akan digunakan untuk menyelesaikan pembangunan tempat usaha yang baru.

"Terima kasih kepada Pemkab Kaimana, dalam hal ini Bapak Bupati Freddy yang sudah membantu meringankan beban kami," demikian Supadi.

Baca juga: Tim SAR Kaimana evakuasi penumpang perahu bocor di Pulau Mandais

Baca juga: Tim pakar IPB bantu Pemkab Kaimana kembangkan sektor pertanian

Baca juga: Pemkab Kaimana-Unipa Manokwari kerja sama pengembangan SDM

Baca juga: Kaimana dapat kuota 34 calon tamtama TNI dari jalur Otsus

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022