tiga buku karya Pak Yuddy benar-benar menggambarkan nilai-nilai yang sangat berharga
Depok (ANTARA) - Duta Besar (Dubes) RI untuk Ukraina, Georgia dan Armenia periode 2017-2021 Yuddy Chrisnandi mendapat anugerah Order of Merit atau tanda kehormatan khusus dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

​​​​​​Duta Besar Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin dalam keterangannya, Minggu mengatakan, Yuddy  telah berjasa dalam memperkuat kerja sama, mendukung kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina, hingga mempopulerkan Ukraina di mata dunia.

"Yuddy sangat layak diberikan penghargaan. Dengan kerja keras Yuddy selama di Ukraina telah banyak berjasa bagi Ukraina. Bahkan setelah kembali ke Indonesia pun, Yuddy tetap memperjuangkan kemerdekaan Ukraina atas dasar kemanusiaan dan keadilan," katanya.

Hal itu ia sampaikan saat kegiatan diskusi dan bedah buku 'Cinta Keduaku Berlabuh di Ukraina' karya Yuddy Chrisnandi. Acara bedah buku yang dihadiri lebih dari 200 mahasiswa tersebut digelar di Auditorium Universitas Tangerang Raya.

"Pak Yuddy merupakan sosok manusia yang sangat berani dan luar biasa. Dia sebagai pemuda yang saya pikir orang Indonesia pertama dalam sejarah yang pernah mendapatkan kehormatan negara dari Presiden Ukraina. Saya ucapkan selamat untuk Pak Yuddy," ujar Vasyl.

Baca juga: Yuddy Chrisnandi luncurkan buku tentang kisahnya selama di Ukraina
Baca juga: Yuddy Chrisnandi bakal bumikan Indonesia di Ukraina

Vasyl mengungkapkan sosok Yuddy yang selalu bekerja keras dengan melakukan berbagai hal selama jadi Dubes di Ukraina. Bahkan saat ini Yuddy telah merilis tiga buku mengenai pengalamannya di Ukraina. Vasyl pun berujar, kerja dan capaian Yuddy selama di Ukraina sepertinya tidak akan ia raih dalam sepuluh tahun.

"Pak Yuddy tidak pernah tidur, dia selalu bekerja. Ketika dia tidak bekerja, dia menulis buku. Jadi dia sangat produktif, kreatif, dan sangat berbakat dalam analisis dan menciptakan beberapa instrumen yang sangat bagus untuk memperkenalkan Indonesia ke Ukraina dan untuk memperkenalkan Ukraina ke Indonesia," ujar Vasyl.

Buku terbaru yang berjudul ‘Cinta Keduaku Berlabuh di Ukraina’ merupakan buku ketiga karya Yuddy mengenai Ukraina. Buku ini menyusul buku sebelumnya yakni ‘Dari KYIV Menulis Indonesia’ yang diluncurkan pada 9 Oktober 2019. Sedangkan buku 'Perjalanan Tahun Ketiga Dubes RI di Kyiv' adalah karya Yuddy lainnya.

"Dalam pengetahuan saya dari tiga buku karya Pak Yuddy benar-benar menggambarkan nilai-nilai yang sangat berharga di Ukraina dan Indonesia seperti persahabatan, kemanusiaan, serta keberanian. Sangat berharga bagi kita terutama saat ini di negara kami sedang mengalami perang yang sangat buruk dan brutal," jelas Vasyl.

Baca juga: Ini pencapaian KBRI Kyiv sembilan bulan terakhir
 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022