Ini momen yang menambah keindahan dan eksotisme Surabaya
Surabaya (ANTARA) - Wakil Wali Kota Surabaya Armuji mengajak warga mengabadikan bunga tabebuya yang bermekaran di jalan-jalan protokol Kota Pahlawan, Jawa Timur, sejak memasuki September ini.

"Ini momen yang menambah keindahan dan eksotisme Surabaya," kata Armuji di Surabaya, Senin.

Menurut dia, sejak tahun 2010, Pemkot Surabaya memang telah memulai penanaman pohon yang memiliki nama latin tabebuia ini.

Setidaknya ada dua spesies utama tabebuya yang ditanam di Kota Pahlawan yakni Tabebuia Rosea (daun lebar) dan Tabebuia Chrysantha (berdaun kecil).

Baca juga: Bunga tabebuya di Surabaya kembali bermekaran

Selama September, lanjut dia, mekarnya tabebuya bisa menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Kota Pahlawan. Pemkot Surabaya melalui Dinas Lingkungan Hidup juga telah mengusung tema "Tabebuya Blossom".

"Tabebuya Blossom di bulan September ini menjadi perhatian dan momen yang bahagia bagi warga Surabaya.

Armuji mengatakan bunga tabebuya dari Brasil dan Paraguai ini ditanam di Kota Pahlawan sejak tahun 2010. Kini jumlahnya sudah mencapai 16.263 pohon di Surabaya.

Baca juga: Pemkab Karawang akan tanam pohon tabebuya di lahan bekas bangunan liar

Tanaman tabebuya, lanjut dia, memiliki banyak manfaat selain untuk menghasilkan oksigen juga memberikan keindahan pemandangan kota.

"Bunga tabubaye ini warisan dari Bu Risma (Tri Rismaharini) saat menjadi Wali Kota Surabaya. Sekarang Pak Eri Cahyadi (Wali Kota Surabaya) dan saya akan meneruskan. Kalau perlu ditambah di sudut kota," kata dia.

Adapun lokasi tabebuya Kota Surabaya berada di Jalan Achmad Yani, Jalan Ir. Soekarno, Jalan Mayjen Sungkono, Jalan Manyar, Jalan Kertajaya, Jalan Sulawesi, Jalan Ngagel, Jalan Diponegoro, Jalan Gentengkali.

Untuk tabebuya bunga warna merah ada di Jalan Dupak Rukun Tengah, Jalan Demak Utara Tepi Barat, Jalan Dupak Tepi Utara, Jalan Tembaan Jalur Tengah, Stasiun Kota sisi tepi, Perak Barat, Kalimas Timur, Dharmahusada Indah jalur tengah dan Jalan Dharmahusada Indah jalur tepi timur.

Baca juga: Tabebuya kembali bermekaran percantik jalan protokol Kota Surabaya

Baca juga: 350 pohon tabebuya ditanam Jasa Raharja di Kalbar

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022