Jakarta (ANTARA) - China pada Senin (5/9) mengalokasikan 50 juta yuan (1 yuan = Rp2.158) dari dana bantuan bencana alam pusat untuk mendukung upaya penyelamatan dan bantuan menyusul bencana gempa bermagnitudo 6,8 yang mengguncang Provinsi Sichuan, China barat daya.

Dana darurat itu dialokasikan bersama oleh Kementerian Keuangan dan Kementerian Manajemen Darurat China.

Dana tersebut akan digunakan untuk upaya bantuan bencana dan penyelamatan darurat, yang berfokus antara lain pada pencarian, penyelamatan dan relokasi warga yang terdampak bencana, pendeteksian bencana susulan, dan perbaikan rumah warga yang rusak.

Suplai bantuan, termasuk sekitar 3.000 tenda dan 10.000 kasur lipat, telah dialokasikan ke wilayah Luding, yang merupakan pusat gempa tersebut.

Kementerian Manajemen Darurat China telah mengirimkan lebih dari 1.100 personel tim penyelamat dan sebuah helikopter ke lokasi gempa. Sementara itu, lebih dari 3.600 personel tim penyelamat dari daerah sekitarnya dalam posisi siaga.

Sebanyak 46 orang tewas akibat gempa tersebut di wilayah Luding di Provinsi Sichuan pada Senin (5/9), kata otoritas setempat dalam sebuah konferensi pers. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022