Jakarta (ANTARA) - Fabio Quartararo mendapat tugas menjajal mesin purwarupa Yamaha YZR-M1 untuk musim 2023 dalam tes resmi MotoGP di Sirkuit Misano, Selasa.

Meskipun masih di tengah pertarungan gelar juara dunia musim ini, Quartararo sangat termotivasi meneruskan pengembangan motor yang akan digunakan tahun depan.

Pada hari pertama tes Misano, sang pebalap Prancis dibekali tiga motor untuk diuji: satu dengan sasis baru, satu dengan mesin purwarupa 2023, dan motor 2022 untuk perbandingan.

Dia menyelesaikan 43 putaran sesi pertama dan 37 putaran sesi kedua.

Lap terbaik Quartararo ditorehkan dalam sesi pagi dengan 1:31,588 yang berada pada peringkat enam catatan kombinasi hari pertama, terpaut 0,296 detik dari Francesco Bagnaia sebagai yang tercepat hari itu.

"Saya berkesempatan menguji tiga motor itu semua hari ini. Sasis barunya baik, kami bisa saja akan membawanya ke Aragon, tapi saya tidak tahu apakah kami akan mengujinya di sana juga," kata Quartararo dalam laman resmi tim.

"Langkah pertama dengan motor 2023 juga baik. Ia bekerja cukup baik dalam akselerasi dan top speed, jadi saya senang. Mengingat ini baru langkah pertama, saya menantikan peningkatan mesin berikutnya.

"Dua hal itu yang kami uji hari ini: sasis dan mesin.... Ini adalah langkah yang baik. Pertama kalinya kami benar-benar merasa kami membuat perbaikan. Yamaha yakin mereka dapat lebih meningkatkannya. Jadi, semoga mereka melakukannya."

Tes Misano akan dirampungkan Rabu sebelum tim bersiap menghadapi balapan berikutnya di Aragon pekan depan.

Baca juga: Kembali mengaspal, Marquez raih hasil positif hari pertama tes Misano
Baca juga: Arab Saudi segera jadi tuan rumah MotoGP

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022