kami mengedukasi masyarakat pulau tentang pengelolaan sampah
Sorong (ANTARA) - TNI Angkatan Laut Komando Armada III, Rabu, menggelar aksi bersih-bersih-bersih pesisir pantai di kawasan Pelabuhan Rakyat Kota Sorong sebagai Gerakan Nasional Laut Bersih tahun 2022.

Gerakan tersebut dipimpin Panglima Komando Armada III Laksamana Muda TNI Irvansyah didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada III Ny. Yuanita Irvansyah.

Komando Armada III Laksamana Muda TNI Irvansyah mengatakan bahwa gerakan tersebut dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dalam rangkaian kegiatan HUT ke-77 TNI Angkatan Laut tahun 2022.

Dia mengatakan kegiatan tersebut merupakan sinergitas seluruh komponen bangsa diikuti oleh 349 orang yang terdiri dari TNI dan Polri, SAR, KSOP, Bea Cukai, Dinas Lingkungan Hidup, KKP dan Poltek KKP, dan masyarakat umum Kota Sorong, serta Jalasenastri Armada III.

Baca juga: Lantamal IX bersihkan lima ton sampah dari Teluk Ambon
Baca juga: Lantamal III Jakarta pimpin bersih-bersih laut di Pulau Untung Jawa

Pembersihan laut mencakup area seluas 50 hektare didukung oleh 10 perahu karet baik dari TNI Angkatan Laut, Polairud Papua Barat, dan Kantor SAR Sorong dan beberapa perahu tradisional masyarakat.

"Selain melaksanakan pembersihan sampah yang berada di tengah laut, juga dilaksanakan pembersihan di sepanjang Dermaga Pelabuhan Rakyat Kota Sorong," ujarnya.

Sampah plastik hasil pembersihan laut tersebut langsung diangkut oleh mobil truk untuk dibuang di tempat pembuangan akhir.

Gerakan laut bersih tersebut mengambil tema "Membangun kejayaan maritim untuk pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat" yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan laut.

Dikatakan bahwa kegiatan tersebut juga sebagai bentuk kepedulian dalam aksi nyata menjaga laut bersih, meningkatkan persatuan dan kesatuan, serta sinergitas dan kerja sama lintas sektor.

"Kami mengedukasi masyarakat pulau tentang pengelolaan sampah yang baik agar ekosistem laut tetap lestari, dengan begitu sumber daya laut yang menjadi unggulan wisata dan potensi perekonomian masyarakat dapat terjaga," tambah dia.

Baca juga: Bersih-bersih pantai di Padang kumpulkan 2,1 ton sampah

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022