Jakarta (ANTARA) - Pada Rabu (7/9) pemerintah meluncurkan perubahan sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN), Festival Indonesia Bertutur dimulai, dan anggota G20 berkomitmen memperkuat upaya adaptasi terhadap perubahan iklim.

Selain itu ada warta mengenai cakupan vaksinasi COVID-19 dan bantuan pemerintah untuk pembangunan lumbung siaga bencana di Kabupaten Sigi yang bisa disimak kembali dalam ringkasan berita berikut.

Pemerintah ubah skema seleksi masuk PTN

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim meluncurkan transformasi dalam sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui Merdeka Belajar episode 22. Transformasi mencakup perubahan untuk mendorong pelaksanaan pembelajaran yang menyeluruh, lebih berfokus pada kemampuan penalaran, lebih inklusif, dan lebih mengakomodasi keragaman peserta didik.

Festival Indonesia Bertutur di Borobudur libatkan 900 seniman

Sebanyak 900 seniman dan pelaku budaya terlibat dalam Festival Indonesia Bertutur yang berlangsung di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dari 7 sampai 11 September 2022. Direktur Perfilman, Musik, dan Media Baru, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Ahmad Mahendra menyebutkan bahwa ada 116 karya yang ditampilkan dalam festival, termasuk karya seni pertunjukan dan seni rupa.

Anggota G20 berkomitmen perkuat adaptasi perubahan iklim

Direktur Mitigasi Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Emma Rachmawati mengatakan bahwa anggota G20 berkomitmen memperkuat upaya adaptasi terhadap perubahan iklim dalam Joint Environment and Climate Minister's Meeting (JECMM). "Komitmen yang diperkuat adalah adaptasi. Jadi semua negara merasakan bahwa mereka sangat rentan terhadap dampak perubahan iklim, terlepas negara-negara maju mempunyai tingkat adaptasi yang lebih tinggi," kata Emma.

61,13 juta warga telah dapat vaksinasi dosis ketiga

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 melaporkan sebanyak 61.135.788 warga telah mendapat vaksinasi COVID-19 dosis ketiga dan jumlah warga yang sudah mendapat vaksinasi dosis kedua total 171.111.977 orang.

Pemerintah bantu pembangunan lumbung siaga bencana di Sigi

Kementerian Sosial menyalurkan bantuan senilai Rp878 juta untuk pembangunan lumbung siap siaga bencana di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah. Rencananya lumbung siaga bencana dibangun di enam titik di kabupaten itu.

 
 

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022