Medan (ANTARA) - Gempa bumi tektonik dengan magnitudo 5,2 yang terjadi wilayah Nias Utara, Sumatera Utara pada Pukul 14.58 WIB Kamis sore tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan keterangan yang diterima dari BMKG, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,47° LU ; 96,95° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 7 Km arah Barat Laut Lahewa, Nias Utara, Sumatera Utara pada kedalaman 26 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Nias Barat dengan skala intensitas III-IV MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), daerah Nias Utara dengan skala intensitas III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ).

Baca juga: Gempa M 5,2 guncang Nias Utara
Baca juga: BMKG: Gempa Nias Selatan berpusat di zona megathrust Batu

Di daerah Gunung Sitoli dan Aceh Singkil dengan skala intensitas II-III MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ), daerah Pasie Raja-Aceh Selatan dan Pulau Banyak dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

Baca juga: Gempa magnitudo 5,3 guncang DIY

Pewarta: Juraidi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022