Jakarta (ANTARA) - China membentuk sebuah aliansi pengamatan satelit untuk pembangunan berkelanjutan, yang bertujuan memaksimalkan sepenuhnya keunggulan dan potensi observasi Bumi dari luar angkasa.

Data dalam jumlah besar yang diperoleh melalui pengamatan Bumi dari luar angkasa sangat penting untuk pemantauan dan evaluasi tujuan pembangunan berkelanjutan, serta berbagai penelitian ilmiah terkait, tutur Guo Huadong, Direktur Pusat Penelitian Internasional Mahadata untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (CBAS).

Aliansi itu merupakan sebuah kelompok akademis dan nirlaba yang bergerak dalam penelitian ilmiah dan inovasi teknologi. Aliansi ini bisa menyediakan layanan data serta dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) untuk implementasi Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan PBB.

Aliansi itu diprakarsai bersama oleh beberapa lembaga, termasuk CBAS, Pusat Aplikasi Satelit untuk Ekologi dan Lingkungan di bawah Kementerian Ekologi dan Lingkungan China, serta Pusat Data dan Aplikasi Satelit Sumber Daya China. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022