Donggala (ANTARA) -
Sebanyak 22.530 Keluarga mulai menerima bantuan langsung tunai pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BLT BBM) dan bantuan pangan non tunai (BPNT) dari Pemerintah Pusat di Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, Jumat.
 
"Distribusi BLT BBM dan BPNT untuk tahap pertama hari ini sudah mulai untuk wilayah Kabupaten Donggala," kata Koordinator Program Keluarga Harapan (PKH) Moh Riyan Ridha di Donggala, Jumat.
 
Dia menjelaskan total nilai yang diterima masyarakat adalah Rp500 ribu, terdiri dari BLT BBM Rp300 ribu periode September dan Oktober, sedangkan BPNT dengan Rp200 ribu periode September.
 
Khusus BPNT, kata Riyan, merupakan kebijakan Kementerian Sosial untuk membagikan secara bersamaan BLT BBM, sebab periode sebelumnya distribusi dilakukan langsung ke masing-masing rekening penerima manfaat.

Baca juga: Para kades keluhkan data penerima BLT BBM kepada Wabup Karawang

Baca juga: PT Pos: Penerima BLT BBM di Bogor lebih banyak dari BLT minyak goreng
 
"Akan tetapi untuk selanjutnya kami belum dapat memastikan lagi apakah BPNT masih akan bersamaan dengan BLT BBM atau tidak tergantung dari Kemensos," ujarnya.
 
Oleh karena itu, Riyan mengajak seluruh jajaran PKH Donggala agar berkoordinasi dengan PT Pos Indonesia untuk kelancaran distribusi BLT BBM maupun BPNT ke 16 Kecamatan di Kabupaten Donggala.
 
Sebab hal tersebut telah menjadi instruksi dari Menteri Sosial Tri Rismaharini kepada PKH untuk melakukan pemantauan distribusi BLT BBM serta memastikan penerima manfaat tepat sasaran.
 
"Teknis penyaluran akan dilakukan per desa untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan keluarga penerima manfaat sekaligus mencegah konsentrasi massa dalam satu titik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," demikian Riyan.*

Baca juga: Pemda Natuna menyalurkan BLT BBM dan BPNT

Baca juga: Sebanyak 97 ribu KPM di Kabupaten Ngawi terima BLT BBM

Pewarta: Muhammad Izfaldi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022