tidak ada korban jiwa dalam musibah itu
Pamekasan (ANTARA) - Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan pohon tumbang dan menutup akses jalur provinsi penghubung Kota Pamekasan dengan Kecamatan Waru, Jumat.

"Lokasi kejadiannya di Desa Sumber Waru, Kecamatan Waru, sekitar 35 kilometer ke arah utara Kota Pamekasan," kata Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan Budi Cahyono di Pamekasan, Jawa Timur, Jumat malam.

Sebuah truk pengangkut elpiji tertimpa pohon yang tumbang itu dan membuat akses jalur lalu lintas macet. "Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu," katanya.

Tim gabungan dari Taruna Siaga Bencana, BPBD Pemkab Pamekasan dibantu personel dari TNI dan Polri telah diterjunkan ke lokasi bencana.

​​​​​Baca juga: Hujan-petir, pohon tumbang terjadi di sejumlah wilayah Kota Surabaya
Baca juga: Dua orang tewas akibat tertimpa pohon tumbang di Surabaya

Ia menuturkan, setelah sekitar satu jam lebih petugas melakukan pemotongan pohon, akses jalan yang terputus itu akhir bisa dibuka.

Selain di Kecamatan Waru, Pamekasan, hujan deras disertai angin kencang juga terjadi di Kecamatan Pakong dan Kecamatan Kadur, Pamekasan.

Aliran listrik di dua kecamatan ini sempat putus selama sekitar satu jam lebih karena terganggu pohon bambu tumbang.

Menurut Koordinator TRC BPBD Pemkab Pamekasan Budi Cahyono, berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) cuaca buruk berupa hujan deras disertai angin kencang memang diperkirakan terjadi dalam tiga hari ke depan.

"Karena itu, kami minta masyarakat hendaknya meningkatkan kewaspadaan, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah rawan bencana," katanya.

Baca juga: Pohon tumbang dan longsor terjadi di Padang akibat cuaca buruk

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022