Tanjungpinang (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut pawai lampion memeriahkan festival kue bulan di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), ikut memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah setempat.

"Semoga acara ini berdampak positif terhadap kunjungan wisatawan dan perekonomian masyarakat," kata Sandiaga Uno saat menyampaikan testimoni terkait kegiatan pawai lampion sekaligus Hari Jadi Kepri ke-20 melalui laman youtobe Diskominfo Pemprov Kepri, Sabtu.

Sandiaga berharap agenda pawai lampion mampu meningkatkan promosi pariwisata dan ekonomi kreatif Kepri, apalagi kedua sektor tersebut mengalami keterpurukan dalam dua tahun terakhir akibat pandemi COVID-19.

Ia juga mendorong agar acara itu masuk kalender pariwisata rutin tahunan Dinas Pariwisata Kepri guna memacu kedatangan wisatawan ke Bumi Segantang Lada.

Baca juga: Festival Kue Bulan 2022 di Kepri dimeriahkan pawai lampion

Baca juga: 100 peserta ramaikan pawai Lampion Singkawang


Dia turut mengajak masyarakat Kepri terus menjaga optimisme, berinovasi, berkolaborasi, dan beradaptasi dalam memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Semoga pariwisata dan ekonomi kreatif di Kepri mampu berdaya saing, unggul, dan berkelas dunia," ucap Sandiaga.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Dinas Pariwisata Kepri Afitri Susanti pawai lampion ini diikuti sekitar 2.000 peserta yang terdiri dari asosiasi pariwisata, paguyuban, sanggar, hingga sekolah-sekolah.

Acara yang dipusatkan di Kota Tua, Tanjungpinang ini merupakan hasil kolaborasi bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bertuah Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan DPD Asosiasi Pariwisata Nasional (Asparnas) Kepri.

Selain pawai lampion, ada berbagai acara lainnya mulai dari fashion show, marching band, pertunjukan seni dan budaya, penampilan artis ibukota, hingga atraksi.

"Selain mempererat silaturahmi antarsuku, acara ini juga merayakan HUT Provinsi Kepri yang ke-20," ucapnya.

Salah satunya, diadakan pawai lampion pada festival kue bulan tahun 2022 ialah untuk mempromosikan Tanjungpinang sebagai salah satu destinasi wisata multi budaya.

"Acara ini juga untuk memperkenalkan kawasan Kota Tua sebagai salah satu ikon pariwisata yang direncanakan oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad," ucap Afitri.

Acara pawai lampion dihadiri langsung Gubernur Kepri, Anggota DPRD, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), tokoh lintas agama, hingga menyedot ribuan masyarakat Tanjungpinang.*

Baca juga: Singkawang Macet Karena Pawai Lampion

Baca juga: Jalanan Kota Singkawang Macet Karena Pawai Lampion


Ribuan warga memadati Kota Tua di Tanjungpinang, Kepri untuk memeriahkan pawai lampion. (Ogen/foto hasil tangkapan layar youtobe Diskominfo Kepri.)
 

Pewarta: Ogen
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022