Mumbai, India (ANTARA) - Festival Ganesh Chaturthi yang berlangsung selama 10 hari telah berakhir pada Jumat (9/9) di India, ditandai dengan penyucian patung dewa Hindu Ganesha.

Setiap tahun, patung tersebut dibawa dalam sebuah prosesi publik yang diiringi dengan musik dan nyanyian kelompok.

Patung Dewa Ganesha kemudian disucikan di perairan terdekat, seperti sungai atau laut, pada hari ke-14 dalam dua minggu lunar.

Di bawah ini adalah prosesi di mana patung Dewa Ganesha diangkat menggunakan crane untuk disucikan di air dalam festival Anant Chaturdashi di Bhopal, ibu kota Negara Bagian Madhya Pradesh, India, pada 9 September 2022.

Pada kegiatan lainnya terdapat orang-orang dari seluruh Maharashtra membawa patung Ganesha mereka untuk disucikan guna menandai berakhirnya festival Ganesh Chaturthi di Mumbai, India, pada 9 September 2022
 
ara umat Hindu menyucikan sejumlah patung Dewa Ganesha di air dalam festival Anant Chaturdashi di Bhopal, ibu kota Negara Bagian Madhya Pradesh, India, pada 9 September 2022. (Xinhua/Stringer)
 
Orang-orang di seluruh Maharashtra membawa patung Ganesha mereka untuk disucikan guna menandai berakhirnya festival Ganesh Chaturthi di Mumbai, India, pada 9 September 2022. (Xinhua/Stringer)(Xinhua/Stringer)
 
Orang-orang di seluruh Maharashtra membawa patung Ganesha mereka untuk disucikan guna menandai berakhirnya festival Ganesh Chaturthi di Mumbai, India, pada 9 September 2022. (Xinhua/Stringer)



 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022