Ada keistimewaan Mubes Dewan Adat Biak III karena mengundang semua perwakilan masyarakat adat Biak dan Paguyuban Nusantara
Biak, Papua (ANTARA) - Musyawarah Besar (Mubes) Dewan Adat Biak (Kainkain Karkara) III  2022 akan dihadiri utusan peserta perwakilan masyarakat adat Biak, Provinsi Papua dari seluruh daera di Indonesia.

"Ada keistimewaan Mubes Dewan Adat Biak III karena mengundang semua perwakilan masyarakat adat Biak dan Paguyuban Nusantara, " kata Ketua Panitia Pelaksana Mubes Dewan Adat Biak Lod Yensenem di Biak, Minggu.

Mubes Dewan Adat Biak III ditetapkan akan berlangsung pada 5-8 Desember 2022.

Ia mengatakan agenda Mubes Dewan Adat Biak (DAB) Biak di antaranya merumuskan program kerja, membuat peraturan Adat Biak.

Agenda lain Mubes DAB III, menurut Lod, memilih Ketua Kainkain Karkara Biak atau Manpun (pemimpin Adat suku Biak).

"Siapapun yang bakal terpilih menjadi ketua DAB Biak merupakan hasil keputusan musyawarah para kepala suku keret (mananwir) sebagai peserta Mubes, "katanya.

Lod berharap, sosok manpun pemimpin Adat suku Biak yang akan terpilih pada Mubes III diharapkan menjadi panutan masyarakat adat.

"Juga Ketua DAB Biak terpilih untuk konsisten menjaga nilai dan tradisi masyarakat adat Biak dalam segala tindakannya, " demikian Lod Yensenem yang kesehariannya menjabat Asisten II Sekda Biak.

Baca juga: Dewan Adat ajak warga Biak menjaga kedamaian daerah

Baca juga: DAB minta warga kampung adat Biak jaga kearifan lingkungan

Baca juga: Dewan Adat Biak: Buka lapangan kerja baru anak Orang Asli Papua


Baca juga: Tokoh adat imbau mahasiswa Biak utamakan kuliah mengejar cita-cita

Pewarta: Muhsidin
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022