Jakarta (ANTARA) -
Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Jakarta, Sylviana Murni, menyambut baik kegiatan Cash Free Day 2022 di Thamrin 10 yang menciptakan ekosistem transaksi digital karena menurutnya transaksi non tunai mempermudah dan lebih aman untuk masyarakat.

Menurut Sylviana, lewat kegiatan yang digelar sejak Jumat (9/9) sampai hari Minggu ini dengan dihadiri ribuan orang, Bank Pembangunan Daerah (BPD) DKI Jakarta mampu menangkap peluang digitalisasi transaksi lewat telepon genggam dengan penggunaan JakOne Mobile dan JakOne Pay sebagai alat pembayaran baik membeli makanan, minuman, atau hal lainnya.

"Ini luar biasa, transaksi sekarang non tunai tentu bisa mempermudah, meningkatkan keamanan, dan menghindari terjadinya manipulasi data," kata Sylviana dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Di lokasi acara, Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy mengatakan aplikasi JakOne Mobile merupakan bentuk transformasi digital perbankan oleh pihaknya di bidang perbankan, mengikuti perkembangan zaman, yang kini mengandalkan non tunai.

Penggunaan aplikasi juga membantu pemerintah untuk mengendalikan COVID-19 dengan menghindarkan adanya kontak fisik antara penjual dengan pembeli, lewat penggunaan fasilitas Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di dalamnya.

Selain super apps tersebut, Fidri juga mengatakan bahwa BPD DKI itu juga memiliki JakOne Pay yang merupakan "dompet digital" yang tanpa perlu menjadi nasabah untuk menggunakannya, di mana pengguna hanya perlu melakukan scan kode batang (barcode) yang dimiliki penjual.

"Kami membuat digitalisasi untuk aktivitas perbankan lebih mudah dan dilakukan dari jauh. Generasi muda semua sudah digital, untuk mendukung peran anak muda kami gelar aktivitas ini, tampilkan band, dan kompetisi tarian modern dengan visi untuk mempromosikan dan mengenalkan transaksi digital," ucapnya.

Berdasarkan catatan Bank DKI, hingga kuartal II 2022, pengguna aplikasi JakOne Mobile telah mencapai 1,7 juta pengguna.

Untuk nilai transaksinya tembus Rp9,1 triliun lewat 10,8 juta transaksi, dan angka ini diikuti dengan transaksi QRIS yang tumbuh 742 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Atas upaya perbaikan yang terus dilakukan, Bank DKI berhasil mendapatkan sejumlah penghargaan, di antaranya kategori 15 bank terbaik di Indonesia sekaligus masuk dalam jajaran World's Best Banks atau bank terbaik di dunia tahun 2022 versi majalah Forbes, serta berbagai penghargaan lainnya di dalam negeri dan regional atau kawasan.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022