Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar lomba karya jurnalistik tahunan Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari (AJSB) tahun 2022 dengan mengangkat tema Lautan Peluang Baru Bersama Ekonomi Biru.

Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik sekaligus Ketua Panitia AJSB 2022 Doni Ismanto dalam keterangannya pada wartawan di Jakarta, Selasa, mengatakan terdapat kategori lomba jurnalistik yakni karya jurnalistik daring, karya jurnalistik cetak, karya jurnalistik foto, serta karya jurnalistik video televisi dengan waktu pengumpulan karya hingga 10 Desember 2022.

"Sekarang atas masukan teman-teman media juga, kita bikin kategori lombanya lebih lengkap dari tahun sebelumnya. Tahun ini ada media online, media cetak, foto jurnalistik dan video jurnalisitik televisi," kata Doni Ismanto.

Doni menjelaskan, topik karya jurnalistik yang dilombakan mengarah pada lima Strategi Ekonomi Biru KKP meliputi perluasan kawasan konservasi, penangkapan ikan terukur berbasis kuota, pengembangan budidaya ramah lingkungan, penataan pemanfaatan pesisir dan pulau-pulau kecil, serta pengelolaan sampah laut.

Lima strategi tersebut, kata dia, merupakan upaya KKP untuk memelihara ekosistem perikanan tetap sehat dengan menjaga kelimpahan stok ikan, mengentaskan persoalan sampah laut, mendorong pertumbuhan ekonomi yang merata di wilayah pesisir, hingga berkontribusi menahan laju perubahan iklim yang menjadi persoalan global.

"Pak Menteri Sakti Wahyu Trenggono sejak UNOC di Lisbon sudah mendeklarasikan adanya lima program Ekonomi Biru yang akan dijalankan untuk Indonesia Emas. Melalui strategi ini, pengelolaan sumber daya perikanan Indonesia yang luar biasa besar dilakukan dengan mengutamakan prinsip-prinsip keberlanjutan. Jadi pertimbangannya tidak melulu ekonomi, tapi juga ekologinya kita pastikan terjaga," kata dia.

Doni mengatakan gelaran AJSB yang menjadi rangkaian HUT KKP ke 23 sebagai bentuk apresiasi kepada awak media yang selama ini berkontribusi terhadap penyebarluasan informasi sektor kelautan dan perikanan ke tengah masyarakat.

Melalui gelaran AJSB ini, Doni mengharapkan munculnya karya-karya jurnalistik yang mengangkat isu-isu ekonomi biru yang diusung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Dia mengatakan karya jurnalistik turut mengawal implementasi kebijakan dan program pembangunan sektor kelautan dan perikanan agar berjalan sesuai target dan tepat sasaran.

"Jurinya selain saya, juga ada jurnalis-jurnalis yang paham betul dengan sektor kelautan dan perikanan. Ini artinya kami ingin lomba ini berjalan profesional dari sisi substansi dan juga kaidah jurnalistiknya, sehingga karya yang menang benar-benar berkualitas," katanya.

Salah satu perwakilan juri profesional yakni jurnalis Harian Kompas Lukita Grahadyarini mengajak jurnalis yang ingin mengirimkan karya untuk mengedepankan orisinalitas dan kedalamam berita dengan menyajikan data hingga variasi narasumber.

"Ide dan gagasan kita yang dituangkan dalam tulisan, naskah atau dalam visual. Kita diberi ruang untuk menulis apa adanya, sebanyak-banyaknya. Ini kontribusi kita juga untuk pembangunan sektor kelautan dan perikanan," kata dia.

Selain lomba karya jurnalistik, gelaran AJSB tahun 2022 juga diramaikan dengan lomba video media sosial bertemakan pengelolaan sampah laut untuk masyarakat umum, serta lomba tulisan opini bagi pegawai internal. KKP menyiapkan total hadiah ratusan juta rupiah serta merchandise untuk seluruh kategori lomba.

Info lebih lanjut mengenai lomba karya juralistik Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari dapat dilihat di situs dan akun sosial media resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Baca juga: Anggaran KKP Rp6,76 triliun di RAPBN 2023 disetujui DPR
Baca juga: Bappenas: RI ingin jadi pemain utama pembangunan ekonomi biru global
Baca juga: KKP terapkan lima strategi ekonomi biru maksimalkan potensi laut

 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022