Indonesia ingin memimpin pembangunan ekonomi biru dalam agenda global
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyatakan Indonesia ingin menjadi pemain utama dalam pembangunan ekonomi biru di tingkat global sehingga menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru.

“Indonesia ingin memimpin pembangunan ekonomi biru dalam agenda global,” kata Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam Development Ministerial Meeting (DMM) Presidensi G20 RI yang diikuti Antara di Jakarta, Rabu.

Suharso Monoarfa menjelaskan Indonesia akan membawa pembahasan mengenai ekonomi biru di bawah Presidensi G20 maupun dalam kepemimpinan ASEAN 2023.

Hal tersebut seiring Indonesia memiliki modal yang sangat potensial dalam pengembangan ekonomi biru, meski masih harus dikembangkan lebih lanjut melalui berbagai kebijakan. Meski demikian, kata dia, ekonomi biru sendiri telah menjadi salah satu bagian dari agenda transformasi ekonomi Indonesia yang tertuang dalam Visi 2045.

Menurutnya, pengembangan ekonomi biru akan mampu menjadi mesin pertumbuhan ekonomi masa depan yang lebih inklusif dan berkelanjutan baik bagi Indonesia maupun global.

Baca juga: Bappenas tekankan pentingnya ekonomi biru percepat pertumbuhan ekonomi

“Indonesia dapat memberikan kontribusi ekonomi biru untuk mempercepat pemulihan dan meningkatkan kesejahteraan global,” ujar Kepala Bappenas.

Sejauh ini, kata dia, Indonesia telah mengambil langkah untuk menyiapkan dasar yang kokoh bagi perencanaan dan implementasi kebijakan ekonomi biru yakni melalui Indonesia Blue Economic Development Framework.

Dokumen Indonesia Blue Economic Development Framework disusun dengan adanya dukungan dari Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). Dokumen tersebut terdiri dari pendekatan yang terpadu dan komprehensif dengan mempertimbangkan potensi besar sumber daya laut di Indonesia.

Sementara saat ini Bappenas sedang menyiapkan peta jalan ekonomi biru yang mencakup strategi dan inisiatif utama bagi Indonesia untuk menyeimbangkan konservasi dan pemanfaatan serta pengelolaan sumber daya laut dan pesisir secara berkelanjutan.

“Peta jalan ekonomi biru diharapkan dapat memfasilitasi kolaborasi lintas sektor dan pemangku kepentingan dalam menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat,” tegas Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Baca juga: Implementasi ekonomi biru dan hijau jadi prioritas side event G20 DMM

 

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022