Jakarta (ANTARA) - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri mengajak semua pihak untuk mencintai lingkungan dengan gerakan menanam pohon.

"Karena saya sangat mencintai lingkungan dan sangat berharap bahwa semua manusia di dunia ini tetap harus mencintai lingkungannya, termasuk tumbuh-tumbuhan dan hewan," kata Megawati dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Megawati menyampaikan hal itu saat menanam pohon Magnolia di Megawati Soekarnoputri Garden, Seogwipo, Provinsi Jeju, Korea Selatan, Rabu (14/9).

Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) itu mengatakan dunia sedang menghadapi ancaman pemanasan global. Peristiwa alam itu harus disadari dan diwaspadai, karena jika diabaikan dapat menyebabkan kerusakan alam semakin terjadi.

"Tidak dapat saya bayangkan kalau di bumi ini manusia tinggal di bumi yang gundul, saya maksud tentunya tidak ada tanaman, menjadi gurun pasir, dan mungkin yang ada hanya tanaman kaktus dan lain sebagainya; dan itu awal kepunahan," jelasnya.

Baca juga: Megawati: Pancasila bisa dipergunakan seluruh bangsa untuk perdamaian

Dia mengaku sangat berterima kasih dengan penamaan taman di Jeju atas nama dirinya. Oleh karena itu, Megawati sering memotivasi teman-temannya agar membuat taman sendiri dan bisa dinamakan dengan nama mereka.

"Saya jadi sering mengatakan kepada teman saya, ayo temen-temen bikin kebun raya supaya nama kamu bisa ditaruh di situ," imbuhnya.

Megawati menanam sendiri pohon Magnolia Megawati Soekarnoputri Garden, Seogwipo, Provinsi Jeju. Hal itu menjadi kali ketiga dia menanam pohon di lokasi itu setelah tahun 2013 dan 2017 saat meresmikan nama taman seluas 10 hektare tersebut.

Baca juga: Sulut dan Jeju Air sepakat jalin kerja sama penerbangan langsung

Sung Soo Kim, salah seorang pemilik hotel di Jeju, mengatakan dirinya berbahagia bisa menemani Megawati kembali menanam pohon. Dia menjelaskan perjalanan Megawati menanam pohon di taman tersebut.

"Ini kejadian bersejarah. Kami berharap kebun ini akan menjadi lambang kedua negara (Korea Selatan dan Indonesia) akan berjalan tulus, akan berjalan selamanya, dan hubungan kedua negara makin lama makin dekat," ujar Kim.

Di Indonesia, Megawati juga mendirikan Yayasan Kebon Raya Indonesia. Dia juga terus mengkampanyekan agar kebun-kebun raya lebih diperbanyak di Indonesia.

Baca juga: Megawati beri salam "saranghaeyo" saat berfoto bersama di Jeju

Pewarta: Fauzi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022