Desa Pinedapa dipilih karena unsur keberagamannya, yakn ditinggali 401 kepala keluarga (KK) yang terdiri atasi 24 suku dan dua agama yang berbeda
Poso, Sulteng (ANTARA) - Sebanyak 168 kaum muda dari 25 desa di Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengikuti kegiatan jelajah budaya yang diselenggarakan Institut Mosintuwu bersama pemerintah Desa Pinedapa, Kecamatan Poso Pesisir, Jumat (16/9) 2022.

Ketua Institut Mosintuwu Lian Gogali mengatakan kegiatan yang diberi nama "Jelajah Budaya Rumah KITA Poso" itu melakukan perjalanan menelusuri kampung dan melihat keunikan 16 keluarga dari suku berbeda yang tinggal di Desa Pinedapa.

“Kami sebut peserta itu sahabat jelajah budaya, mereka bertemu dengan 16 keluarga kemudian mencicipi 16 kuliner khas 16 suku ini, mendengarkan dan menyanyikan 16 lagu daerah, mengamati 16 baju adat dan mencoba mengucapkan 16 bahasa daerah,” katanya disela-sela kegiatan itu.

Tidak hanya itu, kegiatan yang dilangsungkan tanggal 14 – 16 September tersebut juga menggelar festival keberagaman dalam bentuk pertunjukan seni, teater, drama, puisi, lagu daerah dan vokal grup yang setiap peserta dibagi dalam 16 kelompok.

“Meskipun hanya 16 keberagaman yang ikut dalam jelajah budaya ini, namun suku lainnya ikut berpartisipasi dengan harapan mereka bisa merasakan keberagaman yang ada dari 25 desa,” kata Lian Gogali.

Sementara itu, Kepala Desa Pinedapa Mardianus Ndele menjelaskan bahwa Desa Pinedapa dipilih karena unsur keberagamannya, yakn ditinggali 401 kepala keluarga (KK) yang terdiri atasi 24 suku dan dua agama yang berbeda.

Menurut dia jelajah budaya tersebut merupakan kegiatan pertama yang digelar di Desa Pinedapa dan mempertemukan anak muda dari 25 desa dengan berbagai suku dan agama yang berbeda.

“Kegiatan 'Jelajah Budaya Rumah KITA Poso'  di Desa Pinedapa ini dapat terselenggara berkat kerja sama Institut Mosintuwu dan pemerintah desa serta anak-anak muda, kelompok perempuan Desa Pinedapa dan didukung oleh STT GKST Tentena,” demikian Mardianus Ndele.

Baca juga: 35 Tokoh Agama Poso Bertemu Wapres

Baca juga: Menag Buka Kemah Lintas Agama Pemuda Poso

Baca juga: Kapolda Sulteng: Redam Konflik di Palu Melalui Pendekatan Budaya

Baca juga: Tantangan perempuan di Poso untuk redam konflik

Pewarta: Muhammad Izfaldi/Kristina Natalia
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022