Yerusalem (ANTARA) - Sebuah lomba balap perahu naga digelar di Israel utara pada Jumat (16/9) untuk memperingati 30 tahun peresmian hubungan diplomatik antara Israel dan China.

Lebih dari 400 atlet dari 10 tim Israel berkompetisi dalam ajang tersebut di Akko, kota pelabuhan yang menyimpan sejarah sepanjang ribuan tahun. Akko Dolphin Dragon Boat Club memenangkan lomba tersebut, yang disponsori bersama oleh Kedutaan Besar China untuk Israel dan pemerintah kota Akko.
 
   Para perserta berkompetisi dalam lomba balap perahu naga di Akko, Israel 16 September 2022. (Xinhua/Wang Zhuolun)


 "Lomba balap perahu naga ini lebih dari sekadar kompetisi. Ajang ini telah menjadi karnaval budaya yang membantu mempererat ikatan antara masyarakat China dan Israel," kata Duta Besar China untuk Israel Cai Run, seraya menambahkan bahwa dia menantikan lebih banyak pertukaran antarmasyarakat dan kerja sama yang menguntungkan antara kedua negara

Yaniv Ashur, kepala pemerintahan kota Akko, berharap lebih banyak ajang serupa dapat digelar untuk mendorong rasa saling memahami antara masyarakat dari Israel dan China.

Pada Jumat, acara-acara budaya seperti pertunjukan seni bela diri, pertunjukan musik rakyat China, kaligrafi dan lukisan China, serta seni minum teh digelar berbarengan dengan lomba balap perahu naga.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022