Makassar (ANTARA) - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Provinsi Sulawesi Selatan mencatat sebanyak 50.646 ekor ternak di daerah itu telah divaksinasi sebagai pencegahan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Sub Koordinator Pengawasan Obat Hewan DPKH Sulsel Muhammad Jusron di Makassar, Senin, mengatakan pihaknya terus fokus dalam percepatan vaksinasi seluruh ternak sebagai pencegahan.

"Teman-teman di lapangan terus melakukan vaksinasi di 23 kabupaten dan kota di Sulsel. Vaksinasi terbanyak itu di Kabupaten Bone dengan total hampir capai 16 ribu ekor ternak," katanya.

Ia menjelaskan, pihaknya juga telah menerima bantuan vaksin PMK dari Kementan tahap kedua yang mencapai 200 ribu dosis. Vaksin tersebut juga sudah mulai disalurkan ke sejumlah daerah yang membutuhkan.

Baca juga: DPRD Sulsel dorong vaksinasi massal cegah penularan PMK

Baca juga: 2.634 ekor ternak di Sulsel telah divaksinasi PMK


"Jadi total vaksinasi sampai saat ini sudah mencapai 44 persen. Kita akan terus berupaya merampungkan vaksinasi secepatnya," kata dia.

Selain percepatan vaksinasi, Pemprov Sulsel bersama 15 Kabupaten dan kota juga kompak membentuk satuan tugas (satgas) penanganan dan pencegahan penyebaran PMK yang sudah menjangkiti hewan ternak di sejumlah daerah setempat.

Belasan daerah yang telah membentuk satgas PMK itu masing-masing Kabupaten Pinrang, Tana Toraja, Toraja Utara, Pangkep, Jeneponto, Bone.

Selanjutnya Kabupaten Luwu Utara, Parepare, dan Makassar, Barru (Satgas Intern Dinas), Sinjai (Satgas Internal Dinas), Luwu timur (satgas intern dinas), Wajo (intern Dinas), Enrekang ( tim kewaspadaan PMK), serta Soppeng (Posko Kewaspadaan PMK Dinas Peternakan).*

Baca juga: Sebanyak 520 ekor ternak di Sulsel terinfeksi PMK

Baca juga: DPKH: 173 ternak di Sulsel terjangkit PMK

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022