PPKD menyediakan puluhan pilihan jurusan pelatihan pekerjaan yang bisa diambil warga
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi  DKI Jakarta melalui Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) terus mengembangkan potensi warga agar lebih mudah untuk mencari pekerjaan.

"Kita terus lakukan pelatihan kerja dan usaha untuk warga. Hal tersebut dilakukan di seluruh PPKD tingkat wilayah kota," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta, Andri Yansyah, saat ditemui di mall Taman Palem Cengkareng Jakarta Barat, Selasa.

Andri mengatakan  PPKD menyediakan puluhan pilihan jurusan pelatihan pekerjaan yang bisa diambil warga.

Puluhan jenis pelatihan itu dari mulai bidang kuliner, salon, tata rias hingga kerajinan tangan disediakan oleh pemerintah provinsi.

Nantinya, mereka yang sudah memilih jalur pelatihan kerja akan menjalar pelatihan 30, 40 sampai 60 hari sesuai dengan jurusan masing-masing.

Setelah selesai melakukan pelatihan, pihak PPKD akan menggandeng perusahaan agar bersedia merekrut para peserta.

Bahkan,  jelas Andri, Dinas Ketenagakerjaan memfasilitasi agar perusahaan dan pencari kerja bisa bertemu untuk melakukan wawancara.

"Satu minggu sebelum pelatihan selesai, kita persiapkan waktu untuk workshop dan wawancara kepada perusahaan perusahaan dan itu sudah kita sosialisasikan," kata dia.

Sejauh ini, pihaknya sudah melatih 8.200 warga dalam program yang dijalankan PPKD selama 2022. Tercatat 72 persen peserta PPKD sudah terserap ke berbagai lapangan pekerjaan.

Dia berharap upaya ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan kualitas warga sehingga mudah untuk mencari  pekerjaan di Jakarta.
Baca juga: Pertamina latih warga pra sejahtera agar bisa penuhi permintaan pasar
Baca juga: Mantan pecandu narkoba ikuti pelatihan sablon kaus di Jakarta Pusat
Baca juga: PTC gandeng YIIM latih peracik kopi untuk tumbuhkan UMKM

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022