Jakarta (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan bahwa saat ini merupakan era pemimpin muda untuk menentukan dan membangun roadmap BUMN di masa depan.
 

“Kita tidak hanya bicara mengenai leadership tapi bagaimana ke depan yang namanya roadmap BUMN 10 tahun yang akan datang mulai dibangun pada hari ini,” ujarnya saat konferensi pers usai membuka acara BUMN Next Gen, Build Future Leader di JCC, Jakarta, Rabu.
 

Menteri Erick menuturkan bahwa pada masa kini, persaingan dunia usaha bukan lagi persaingan antara sesama perusahaan namun justru persaingan antar negara.
 

​​​​​​Persaingan antar negara tersebut justru menjadi kesempatan bagi Indonesia karena posisi Indonesia sebagai negara non blok sangat memungkinkan untuk mampu merajut semua negara yang menjadi bagian dari ekosistem.

Baca juga: Erick Thohir: Pendapatan total BUMN 2021 naik, capai Rp2.292,5 triliun

“Para Wamen dan saya turut memastikan bahwa kepemimpinan muda ke depan akan menjadi bagian dari BUMN berkelanjutan,” katanya.
 

Indonesia mempunyai potensi untuk menguasai pertumbuhan ekonomi dunia seperti China di tahun 1980-an. Oleh karena itu, sangat penting untuk menentukan blueprint BUMN 10 untuk tahun ke depan dan para pemimpin muda sebagai future leader BUMN, disebutnya sebagai pemimpin yang mampu menjaga implementasi dari blueprint tersebut.
 

Saat ini, jumlah milenial di perusahaan negara yang berjumlah 42 BUMN sudah mencapai 65 persen. Erick menegaskan bahwa ia akan terus mendorong angka karyawan muda di BUMN hingga menjadi 80 persen. Hal tersebut lantaran dari total 273 juta penduduk Indonesia, mayoritas 53 persen berusia di bawah 35 tahun.
 

Adapun untuk menjaring future leader, Kementerian BUMN tidak hanya melakukan pelatihan kepada generasi muda di jajaran direksi atau BOD (Board of Directur) minus 1, namun kini juga merambah fokus ke semua jajaran di BUMN agar karyawan muda di BUMN mampu meningkatkan kualitas dalam menghadapi persaingan di masa depan dan membawa Indonesia menjadi negara maju di 2045.

Baca juga: Erick Thohir dan Anindya Bakrie pegang 51 persen saham Oxford United

Pada kesempatan yang sama Staf Khusus (Stafsus) BUMN Arya Sinulingga menyampaikan bahwa pemimpin muda mempunyai peluang yang sangat besar untuk berkiprah di BUMN. Melalui program BUMN Next Gen, Build Future Leader, diharapkan para calon pemimpin muda dapat memahami hal-hal yang sedang dikerjakan BUMN, hal-hal yang telah berhasil dan langkah ke depan BUMN.
 

“Ini adalah transfer nilai-nilai dan juga informasi yang tidak hanya di level atas direksi tapi sampai level di bawah karyawan dan ini khusus untuk yang muda-muda karena mereka penggerak yang jumlah milenial di BUMN 60-70 persen,” tutur dia.

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022