Jakarta (ANTARA) - ​​​​​​Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) meninjau pameran produk kerajinan lokal yang dikelola oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di balairung Hotel Meruorah Komodo, Labuan Bajo, Rabu.
 

 
 
Seturut keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta, dalam kunjungan tersebut Ibu Negara sempat berinteraksi dengan para perajin lokal NTT.

 
 
 

 
 
Salah satu perajin kain tenun dari Kabupaten Sumba Barat Daya, Margaret, mengaku senang karena ia sempat berinteraksi dengan Ibu Negara ketika yang bersangkutan menyambangi anjungan miliknya.

 
 
 

 
 
"Ini (kainnya) untuk apa?" tanya Ibu Negara yang sempat menanyakan kepada Margaret terkait salah satu kain bergambar kuda di anjungannya.

 
 
 

 
 
"Kalau di Kabupaten Sumba Barat Daya biasa untuk sarung, karena adatnya pakai sarung dijahit tapi kalau tidak pakai sarung bisa juga untuk baju atau dress, atau apa saja, atau blazer," jawab Margaret.

 
 
 

 
 
Ibu Negara juga sempat berinteraksi dengan Elsoni yang memamerkan kopi khas Flores di anjungannya serta beberapa makanan ringan seperti sambal, keripik pisang, dan Siki Seko, salah satu makanan khas Kabupaten Manggarai Barat.

 
 
 

 
 
"Jadi tadi ditanya kira-kira persoalan UMKM lalu pokoknya banyak tadi ngobrol. Karena tadi kita tidak siapkan tester, tapi yang jelas (Ibu Negara) senang bisa belanja, bisa melihat langsung produk UMKM," kata Elsoni.

 
 
 

 
 
Dalam tinjauannya, Ibu Negara juga sempat mengunjungi anjungan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) yang merupakan kolaborasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Dekranas.

 
 
 

 
 
Ketua Bidang 1 OASE KIM, Franka Makarim, mengatakan bahwa Ibu Negara sangat mendukung program tersebut.

 
 
 

 
 
"Kami sangat beruntung hari ini Ibu Negara dapat melihat juga hasil kerja dan kolarobasi selama tiga tahun terakhir ini. Ibu (Negara) sangat mendukung agar program ini dapat berlanjut lebih panjang, lebih banyak lagi anak-anak yang bisa dibantu," ujar Franka.

 
 
 

 
 
Tinjauan pameran Dekranasda NTT menjadi salah satu kegiatan Ibu Negara dan para anggota OASE KIM setelah sebelumnya mereka juga sempat menyapa siswa-siswi taman kanak-kanak (TK) Manggarai Barat dan meninjau vaksinasi COVID-19 di Kantor Bupati Manggarai Barat.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022