Alhamdulillah, beliau (Ibu Iriana Jokowi) dan Ibu Arumi terpikat dengan pisang agung dan camilan berupa keripik pisang yang menggunakan pisang agung khas Kabupaten Lumajang
Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Ibu Negara yang juga Pembina Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Iriana Joko Widodo terpikat dengan produk komoditas pisang agung dan olahan keripik pisang agung yang ditampilkan di stan pameran produk unggulan Kabupaten Lumajang di Surabaya.

"Alhamdulillah, beliau (Ibu Iriana Jokowi) dan Ibu Arumi terpikat dengan pisang agung dan camilan berupa keripik pisang yang menggunakan pisang agung khas Kabupaten Lumajang," kata Penjabat Ketua Dekranasda Kabupaten Lumajang Rahayu Agus Triyono dalam keterangan tertulis di Lumajang, Jumat.

Menurut dia, Kabupaten Lumajang terkenal dengan julukan "Kota Pisang" mengingat kabupaten tersebut merupakan penghasil berbagai jenis pisang dan yang paling terkenal adalah pisang agung.

Karakteristik pisang agung sendiri memiliki batang yang berwarna merah dan ukuran buah yang lebih besar dibandingkan dengan jenis pisang lainnya, sehingga cocok untuk dijadikan olahan keripik pisang khas Lumajang.

"Potensi pisang agung di Kabupaten Lumajang sangat luar biasa, bahan bakunya melimpah dan olahan hasil keripik yang diproduksi menggunakan pisang agung memberikan daya tarik tersendiri," katanya.

Rahayu berharap dengan kehadiran Ibu Iriana dan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) maka produk-produk dekranasda di Lumajang khususnya bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas dan bisa meningkatkan kemandirian para pengrajin.

"Dengan adanya kunjungan maupun pameran produk itu, ke depannya produk dekranasda bisa lebih maju, lebih bisa dikenal, juga bisa lebih mandiri untuk memasarkannya," ujarnya.

Iriana Jokowi bersama anggota OASE KIM meninjau sejumlah hasil karya dan kreasi dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) se-Jawa Timur di Griya Karya Surabaya, Gedung Siola, Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis (26/10).

Ibu Negara bersama rombongan menghampiri sejumlah stan untuk melihat dan sebagian membeli produk unggulan dari beberapa dekranasda di Jawa Timur yang ikut dalam pameran tersebut.

Baca juga: Pisang agung Lumajang diekspor ke Malaysia

Baca juga: Puslit PTPN XI kembangkan inovasi beras pisang di Lumajang

Baca juga: Pisang mas Kirana Lumajang sudah bersertifikat internasional

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023