Setiap kecamatan ada 500 wali murid dan guru yang hadir
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) memberikan edukasi ratusan wali murid dan guru Sekolah Dasar (SD) di daerah itu tentang teknik pengasuhan anak yang baik dan benar.

"Kita lakukan seminar edukasi di setiap kecamatan. Setiap kecamatan ada 500 wali murid dan guru yang hadir," kata Kepala Suku Dinas Pendidikan Jakarta Barat II, Junaedi, ketika dihubungi di Jakarta, Kamis.

Menurut Junaedi, orang tua murid perlu mengetahui strategi pengasuhan yang baik agar sang anak tetap terdidik di rumah.

Untuk para guru sendiri, katanya, diharapkan dapat menerima ilmu tentang teknik pengajaran yang baik dan benar selama di sekolah.

Baca juga: Ekosistem sekolah digalakkan di Jakarta agar menumbuhkan karakter anak

"Kita tidak hanya perhatian bagaimana strategi bimbingan kepada guru dan sekolah saja tapi kita juga memberikan teknis strategi pengasuhan yang disebut sebagai 'parenting' kepada orang tua," kata Junaedi.

Dengan pola asuh yang baik di sekolah maupun di rumah, lanjutnya, anak di usia dini akan memiliki pengetahuan dan karakter yang kuat sehingga tidak mudah terjerumus ke dalam pergaulan yang buruk.

Dalam seminar yang berlangsung sejak Senin (26/9) hingga Kamis ini, ratusan guru dan orang tua murid itu menerima ilmu dari beragam pembicara yang kompeten.

"Untuk nara sumber yang kita hadirkan itu para psikolog, para psikiater. Kita hadirkan mereka dari UI dan beberapa perguruan tinggi," jelas Junaedi.

Baca juga: KPAI: Pengaduan pendidikan terbanyak dari Jakarta

Junaedi berharap, upaya ini dapat meningkatkan pengetahuan tentang pola asuh anak yang baik di sekolah maupun di rumah.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022