Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah tak menerbitkan obligasi dalam denominasi euro atau Euro Bond pada tahun ini hingga Bandara Soedirman, Purbalingga, Jawa Tengah, akan kembali beroperasi mulai Oktober 2022 menjadi sejumlah berita ekonomi yang banyak dibaca kemarin, Jumat (30/9/2022).
 
Berikut berita-berita terpopuler kemarin yang masih layak disimak, selengkapnya.
   
Pemerintah tak akan menerbitkan surat utang (obligasi) dalam denominasi euro atau Euro Bond pada tahun ini, karena mata uang negara-negara Eropa tersebut kondisinya sedang tidak baik di tengah gejolak ekonomi saat ini.
 
"Saat ini euro sangat jelek, makanya tahun ini tidak kami terbitkan karena sedang tidak bagus," ungkap Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman dalam media briefing di Jakarta, Jumat.
   
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan Bandara Jenderal Besar Soedirman di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, akan kembali beroperasi mulai bulan Oktober 2022 dengan tiga penerbangan dalam sepekan yang dilayani dua maskapai.
 
Saat memberi keterangan pers usai memimpin rapat bersama sejumlah kepala daerah di Bandara JB Soedirman, Purbalingga, Jumat petang, Menhub mengatakan pihaknya sebagai pembantu Presiden Joko Widodo memastikan bahwa setiap infrastruktur yang dibangun pemerintah akan berguna dan dibutuhkan masyarakat.
   
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan bahwa untuk menciptakan swasembada pangan maka pemerintah siap menjamin pembelian komoditas petani.
 
"Permasalahan di tingkat petani ini sebelum mewujudkan swasembada pangan sebenarnya ada dua. Pertama adalah rendahnya produktivitas dan yang kedua harga," ujar Zulkifli Hasan, di Bandarlampung, Jumat.
   
Presidensi G20 Indonesia berhasil mengajak sebanyak 19 negara anggota dan non anggota serta tiga filantropi untuk berkomitmen dalam Dana Perantara Keuangan atau Financial Intermediary Fund (FIF).
 
“19 negara anggota dan non anggota serta 3 filantropi telah membuat komitmen FIF untuk PPR pandemi,” kata Co-chair dari Indonesia Wempi Saputra dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.
   
Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi bantuan subsidi upah (BSU) telah mencapai Rp4,2 triliun hingga saat ini atau sebesar 48,2 persen dari anggaran yang dialokasikan senilai Rp8,8 triliun.
 
"BSU ini sudah disalurkan sebanyak tiga tahap kepada tujuh juta pekerja," kata Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata dalam media briefing di Jakarta, Jumat.

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022