Tarakan (ANTARA) - Kota Tarakan memperingati Hari Olah Raga Jalan Kaki Se-Dunia (World Walking Day) dengan tarian tradisional Zapin Tidung di halaman Pemkot Tarakan, Kalimantan Utara, Ahad.

Wali Kota Tarakan Khairul bersama para Aparat Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Tarakan dan murid dari beberapa sekolah di Tarakan melaksanakan jalan santai dengan mulai dan finis dari Kantor Pemkot Tarakan.

"Ini kerjasama Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) dengan organisasi olahraga tradisional dunia. Ada permintaan supaya seluruh kota kota di dunia termasuk Indonesia melaksanakan kegiatan pada tanggal 2 Oktober ini yang disebut 'World Walking Day' dimana seluruh dunia memperingatinya," kata Khairul.

Dia mengatakan bahwa tanggal 2 Oktober 2022, termasuk di Indonesia di beberapa kota secara bersamaan memperingati "World Walking Day" yang pusatnya di kota Bogor.

Baca juga: Gendong sambil jalan kaki 5 menit disebut cara terbaik tenangkan bayi

Baca juga: ASN Kota Cirebon jalan kaki ke Bandung kampanyekan stop stunting


"Kita hanya siapkan satu hari maka OPD kita saja yang diundang lebih mudah mobilisasi, yang penting sudah ada dokumentasi dan sudah ikut berpartisipasi dalam 'World Walking Day 2022," kata Khairul.

Hal tersebut dalam rangka untuk menyehatkan memberikan kebugaran dan kesehatan harapannya dari kegiatan "World Walking Day".

Dengan memperbanyak jalan kaki, itu yang disarankan organisasi kesehatan sedunia juga yang didukung oleh organisasi olahraga tradisional dan rekreasi seluruh dunia untuk mendapatkan kebugaran.

Sedangkan terkait adanya tarian tradisional Zapin Tidung merupakan budaya, supaya menjadi kegiatan rutin setiap kegiatan yang ada di pemerintah kota Tarakan untuk melestarikan budaya.

Tarian Zapin Tidung diikuti para pejabat dan ASN yang mengikuti jalan kaki pada acara World Walking Day 2022.*

Baca juga: Studi: Jalan kaki dua menit setelah makan turunkan risiko diabetes

Baca juga: Berapa banyak jumlah langkah per hari yang dapat turunkan berat badan?

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022