Cianjur (ANTARA) - BPBD Cianjur, Jawa Barat, menyiagakan seratusan Relawan Tangguh Bencana (Retana) di sepanjang jalur rawan longsor di wilayah selatan Cianjur guna mengantisipasi dan penanganan cepat ketika terjadi bencana seiring tingginya curah hujan.

Sekretaris BPBD Cianjur, Rudi Wibowo, saat dihubungi Ahad, mengatakan seratusan Retana yang disiagakan mulai dari jalur Cibeber, Sindangbarang dam jalan nasional di Kecamatan Naringgul, bertugas melakukan pengawasan, pendataan dan pelaporan serta melakukan evakuasi ketika melihat tanda alam akan terjadi bencana.

"Retana juga akan berkoordinasi dengan aparat setempat serta relawan lainnya, sehingga saat terjadi bencana dapat langsung melaporkan dan melakukan penanganan cepat sebelum petugas datang ke lokasi," katanya.

Pihaknya mencatat sebagian besar jalur utama Cianjur menuju wilayah selatan, rawan terjadi bencana alam longsor karena terdapat tebing tinggi dan banyak pohon besar berbagai ukuran yang rawan tumbang, sehingga pengendara diimbau ekstra hati-hati dan waspada.

Baca juga: PMI dan Retana Cianjur selamatkan seratusan keluarga akibat banjir

Baca juga: Antisipasi kemarau, 1.800 sukarelawan disiagakan BPBD Cianjur-Jabar


Retana yang bertugas juga diminta untuk mengimbau pengguna jalan dan warga sekitar untuk mengikuti petunjuk ketika hujan turun deras dengan intensitas lama atau lebih dari dua jam karena dapat memicu terjadinya bencana alam.

Kepala Bidang Kebencanaan PMI Cianjur, Dodi Permana, mengatakan untuk membantu pengawasan dan penanganan cepat ketika terjadi bencana, pihaknya menyiagakan seluruh Korps Sukarela (KSR) PMI hingga tingkat kecamatan termasuk melakukan pendataan dan evakuasi terhadap warga.

"KSR yang jumlahnya lebih dari 1.000 orang tersebar di setiap kecamatan, kita siagakan karena curah hujan kembali tinggi sejak satu pekan terakhir. Berbagai upaya antisipasi termasuk memberikan dasar pengetahuan kebencanaan akan dilakukan KSR pada masyarakat," katanya.*

Baca juga: BPBD siagakan seribuan relawan antisipasi bencana alam

Baca juga: Empat diselamatkan, tim SAR masih cari santri terbawa ombak di Cianjur

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022