Target kami ke depan otomatis masuk ke kejuaraan divisi utama yang merupakan kasta tertinggi dari Livoli
Jakarta (ANTARA) - Tim bola voli putri Badan Intelijen Negara (BIN) O2C memastikan diri promosi ke Liga Voli Indonesia (Livoli) Divisi Utama tahun depan setelah sukses menjadi juara Divisi I 2022.

BIN 02C menjadi tim putri terbaik setelah mengalahkan Bharata Muda Jakarta pada final yang bergulir di GOR Debes, Tabanan, Bali, Minggu, dengan skor 3-1 (25-17, 23-25, 25-19, 25-20).

Dengan hasil ini, BIN O2C berhak atas piala dan hadiah uang pembinaan sebesar Rp20 juta. Sementara Bharata Muda sebagai runner-up juga promosi ke Divisi Utama dan mendapat hadiah uang pembinaan Rp12,5 juta serta piala.

Baca juga: LavAni dan PDAM Tirta Bhagasasi promosi ke Livoli Divisi Utama

Kepala BIN, Jenderal Pol (Purn.) Budi Gunawan yang menyaksikan langsung pertandingan final mengaku bangga atas pencapaian tim voli putri BIN 02C.

Menurutnya, para atlet BIN memiliki talenta yang baik sehingga bisa menjuarai ajang yang biasa disebut Kejurnas Antarklub tersebut.

"Kami semua bersyukur dan bangga karena tim putri BIN O2C telah mampu menjuarai Livoli Divisi I,” ujar Budi Gunawan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Menurut Budi, para atlet memang telah dipersiapkan untuk mengikuti kejuaraan ini. Bahkan, pelatihan atlet dipusatkan sehingga bisa memberikan hasil terbaik.

"Memang sudah kami persiapkan para atlet yang memiliki talenta bagus di Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) dan BIN. Kemudian kami pusatkan pelatihannya menjadi satu, karena bagus maka dimulai dari Livoli Divisi I," ujar Budi menambahkan.

Baca juga: Tim bola voli dari 15 provinsi bersaing di Livoli Divisi I 2022

Budi juga menargetkan tim voli putri BIN untuk tampil maksimal di Liga Divisi Utama dan Proliga 2023.

"Target kami ke depan otomatis masuk ke kejuaraan divisi utama yang merupakan kasta tertinggi dari Livoli. Jadi saya minta para atlet mempersiapkannya untuk kejuaraan divisi utama dan Proliga,” kata Budi Gunawan.

Budi mengucapkan terima kasih kepada para pendukung yang telah mengikuti pertandingan. Dia juga berharap atlet mampu memberikan kontribusi untuk mengharumkan nama bangsa ke depannya.

"Semoga para atlet dari BIN ini mampu memberikan kontribusi dan mengharumkan nama bangsa dalam event internasional ke depannya. Sekarang kami akan fokuskan latihan untuk ajang-ajang selanjutnya," pungkas Budi.

Baca juga: PBVSI subsidi semua tim yang bersaing di Livoli Divisi Utama dan Satu

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022