Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi adanya 17 titik panas yang tersebar di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), sehingga pihak terkait diharap menindaklanjuti dengan melakukan penanganan.

"Sebanyak 17 titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 wita hingga 17.00 Wita," ujar Prakirawan Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Kota Balikpapan Ilham Rosihan Fachturoni di Balikpapan, Sabtu.

Sebaran titik panas tersebut pun telah disampaikan ke instansi terkait, terutama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat Provinsi Kaltim maupun kabupaten setempat agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Tiga hari sebelumnya pihaknya juga mendeteksi sebanyak 81 titik panas yang tersebar pada tujuh kabupaten/kota dan langsung diinformasikan ke pihak terkait, sehingga titik panas itu telah padam setelah dilakukan penanganan.

Baca juga: BMKG deteksi 129 titik panas di Kaltim

Baca juga: BMKG deteksi 75 titik panas di Kaltim


Sedangkan 17 titik panas yang terpantau hari ini berada di titik koordinat berbeda, meskipun masih ada yang masih dalam kabupaten dan kecamatan yang sama.

Sebaran titik panas yang terdeteksi hari ini berada di tujuh kabupaten, yakni Kabupaten Paser 2 titik, Kutai Barat 2 titik, Kutai Timur 1 titik, Kutai Kartanegara 3 titik, dan di Kabupaten Mahakam Ulu ada 9 titik panas.

Rinciannya adalah di Kabupaten Paser yang terdapat 2 titik panas, berada di Kecamatan Batu Sopang dan memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Kabupaten Kutai Barat yang terdeteksi 2 titik panas, keduanya berada di Kecamatan Bongan dan memiliki tingkat kepercayaan menengah.

"Kabupaten Kutai Timur yang terdeteksi 1 titik panas juga memiliki tingkat kepercayaan menengah, yakni di Kecamatan Kaubun pada koordinat 117.6734 bujur - 1.0834 lintang," katanya.

Di Kabupaten Kutai Kartanegara yang terpantau 3 titik, ketiganya berada di Kecamatan Tabang yang juga memiliki tingkat kepercayaan menengah.

"Untuk 9 titik panas di Mahakam Ulu tersebar pada empat kecamatan, yakni Kecamatan Laham 1 titik, Long Apari ada 2 titik, Long Hubung 1 titik, dan Kecamatan Long Pahangai ada 5 titik panas yang semuanya juga memiliki tingkat kepercayaan menengah," kata Ilham.*

Baca juga: BMKG deteksi 87 titik panas di Kaltim

Baca juga: BMKG: 78 titik panas terdeteksi di Kaltim

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022