Jakarta (ANTARA) - Arab Saudi pada Selasa, terpilih menjadi tuan rumah Asian Winter Games 2029 di megacity futuristik senilai 500 miliar dolar AS di padang pasir yang menurut para perencana akan menampilkan kompleks olahraga musim dingin sepanjang tahun.

"Gurun dan pegunungan Arab Saudi akan segera menjadi taman bermain untuk olahraga musim dingin," kata Dewan Olimpiade Asia (OCA) dalam pernyataan tentang keputusan yang dibuat dalam pertemuan majelis umum di Phnom Penh itu.

Pengajuan penawaran Saudi "disetujui dengan suara bulat", kata pernyataan itu, mencatat bahwa megacity yang dikenal sebagai NEOM itu akan menjadi kota Asia Barat pertama yang menjadi tuan rumah acara tersebut.

Pertama kali diumumkan pada 2017, NEOM secara konsisten telah membuat alis terangkat untuk perkembangan yang diusulkan seperti taksi terbang dan pelayan robot, bahkan ketika arsitek dan ekonom mempertanyakan kelayakannya.

Pada Juli, Putra Mahkota Mohammed bin Salman mengungkapkan rencana untuk sebuah proyek di dalam NEOM yang dikenal sebagai The Line, dua gedung pencakar langit paralel yang berbalut cermin membentang lebih dari 170 kilometer dari pegunungan dan gurun.

Asian Winter Games dijadwalkan berlangsung di Trojena, daerah NEOM "di mana suhu musim dingin turun di bawah nol derajat Celsius dan suhu sepanjang tahun umumnya 10 derajat lebih dingin daripada wilayah lainnya", menurut situs web proyek tersebut.

Direncanakan akan selesai pada 2026, Trojena akan mencakup ski sepanjang tahun, danau air tawar buatan, chalet, mansion, dan hotel ultra-mewah, kata situs web tersebut.

Asian Winter Games mencakup kompetisi untuk ski, snowboarding, hoki es dan figure skating - 47 event secara keseluruhan, 28 di salju dan 10 di atas es, kata OCA.

Arab Saudi telah menuai kritik atas tuduhan "sportswashing" -- menjadi tuan rumah tinju kelas atas, Formula 1 dan pertandingan lainnya untuk mengalihkan perhatian dari catatan hak asasi manusianya.

Seorang pejabat Mesir mengatakan pada September bahwa Mesir, Yunani dan Arab Saudi sedang dalam pembicaraan tentang proposal untuk bersama-sama menjadi tuan rumah turnamen sepak bola Piala Dunia 2030, demikian dilaporkan AFP.

Penerjemah: Fitri Supratiwi
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022