untuk hafiz dan hafizah yang hapal 10 dan 20 juz itu bisa mencapai target 5.000 orang, sekarang yang sedang menghafal ada 7.000 orang.
Pontianak (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji di akhir masa jabatannya bersama Wakil Gubernur Ria Norsan menargetkan dan berharap bisa mewisuda 1.000 hafiz dan hafizah Quran yang menghapal 30 juz.

"Hari ini ada 221 orang yang kita wisuda dari 10 kabupaten/ kota di Kalbar dan sampai saat ini jumlah hafiz dan hafizah seluruhnya yang sudah kita wisuda 1.241 orang, yang menghapal 30 juz sudah hampir 700. Target saya yang hapal 30 juz itu di akhir masa jabatan saya dengan Wagub bisa mencapai 1.000 hafiz dan hafizah dan saya yakin Insyaallah tercapai," kata Sutarmidji, saat menghadiri Wisuda Hafiz dan Hafizah se-Kalbar di Pendopo Gubernur di Pontianak, Selasa.

Kemudian lanjutnya, untuk hafiz dan hafizah yang hapal 10 dan 20 juz itu bisa mencapai target 5.000 orang, sekarang yang sedang menghafal ada 7.000 orang.

Dia juga mengatakan bahwa para hafiz dan hafizah ini juga akan mengikuti ajang seleksi tingkat nasional. "Banyak yang akan mewakili Kalbar pada MTQ nanti, dari lembaga lembaga yang hari ini wisuda itu ada 4 orang yang ikut MTQ di Banjarmasin," tuturnya.

Selain itu, dia berharap yang sudah selesai 30 juz tersebut bisa melanjutkan untuk bisa menafsir Al-Quran, dan yang tamatan SMA bisa ikut tes kepolisian atau TNI.

"Saya berharap setelah itu yang sudah selesai 30 juz bisa menafsir Al-Qur’an, kemudian mereka yang postur badannya yang bagus, tamatan SMA, dan nilainya juga bagus, itu boleh ikut tes di kepolisian dan TNI," katanya.

Sedangkan yang tamat SMP, pihaknya akan membuat pelatihan khusus, serta menggali keterampilan yang bisa untuk buka usaha, dan itu akan kita fasilitasi.

"Kita punya progres kedepannya yaitu buat kegiatan pelatihan pelatihan seperti sekuriti, keterampilan keterampilan bisa yang ada bisa bisa dimanfaatkan dan nanti bisa buka usaha. Kemudian misalnya ingin menjadi UMKM, nanti di Mujahidin itu ada dua kios akan kita berikan kepada lembaga yang menaung para hafiz dn hafizah untuk belajar usaha," katanya.

Sementara itu, ditempat yang sama Ketua panitia acara wisuda hafifzh dan hafizahah mengatakan dalam kata sambutannya bahwa kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan Pemprov Kalbar untuk memotivasi dan membangkit minat baca Al-Quran bagi generasi muda dan anak anak guna membentuk insan insan muslim yang berciri dan berkarakter sebagai generasi Qur’ani.

Dia juga mengatakan bahwa hasil pendataan dan validasi data tahfiz dan Lembaga atau Rumah Tahfiz Quran di Kalbar tahun 2022 yang dilakukan bersama LPTQ, yaitu totalnya sebanyak 110 kabupaten kota se Kalbar, dan jumlah tahfiz tahun 2022 ada 7.730 orang.
Baca juga: Gubernur Kalbar: Ponpes maksimalkan bina hafiz/hafizah penghafal Quran
Baca juga: Gubernur Kalbar bisa "cetak" 5.000 hafiz dan hafizah
Baca juga: Ribuan pelajar Pontianak disiapkan ikuti khataman Al Quran massal

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022